Pemkot Palangka Raya Bakal Tingkatkan Retribusi Parkir

SYAUQI/BERITA SAMPIT- Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin.

PALANGKA RAYA- Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin akan terus meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) melalui pemungutan pajak dan retribusi parkir di wilayah Kota setempat.

Hal itu disampaikan Farid usai menghadiri sidang paripurna DPRD kota Palangka Raya, Jumat 28 April 2023. Fairid mengatakan retribusi parkir saat ini menjadi salah stau sumber penghasilan daerah terbesar kota Palangka Raya.

“Sampai dengan saat ini yang menjadi salah satu yang terbesar retribusi parkir, disini konteksnya bagaimana kita lebih meningkatkan lagi apakah masih ada celah-celah yang belum tercapai atau kebocoran-kebocoran,” kata Fairid Naparin, Sabtu 29 April 2023.

BACA JUGA:   10 Orang Petugas RSUD Doris Sylvanus Sudah Diperiksa Polda Kalteng, Diharap Ada Penetapan Tersangka Kasus Dugaan Malapraktik

Fairid mengaku, retribusi parkir setiap tahunnya di kota Palangka Raya selalu meningkat, akan tetapi masih ada hal-hal yang perlu dilakukan untuk memaksimalkan potensi parkir untuk meningkatkan PAD.

“Sampai saat tiap tahun retribusi parkir terus meningkat, yang diharapkan kita bisa menutup celah sedikit demi sedikit terkait kebocoran itu untuk memaksimalkan retribusi parkir untuk PAD,” ungkapnya.

Sebelumnya, pansus DPRD, Shopie Ariyani Sitorus menyampaikan, DPRD merekomendasikan Dinas Perhubungan agar pemungutan pajak parkir dan retribusi daerah dapat semakin meningkat.

BACA JUGA:   Pencurian Modus Pecahkan Kaca Mobil, Uang dan Laptop Milik Perempuan di Palangka Raya Raib usai Membeli Takjil

“DPRD mendukung upaya Pemkot dalam meningkatkan PAD yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah, kami sangat mengapresiasi kepada organisasi perangkat daerah terkait yang telah mencapai PAD agar ditingkatkan secara terus-menerus,” ungkapnya saat membacakan rekomendasi DPRD terhadap LKPJ Wali Kota Palangka Raya.

DPRD juga rekomendasikan Pemkot Melalui Dinas Perhubungan untuk lebih intensif dalam meningkatkan sektor pendataan dari retribusi parkir, di mana target pendapatan sangat rendah. (Syauqi).