Rektor Sebut UPR Akan Miliki Tambahan 20 Profesor

RAHUL/BERITA SAMPIT - Anggota Senat UPR pada acara wisuda UPR periode April tahun 2023, bertempat di Aula Palangka UPR, Sabtu 29 April 2023.

PALANGKA RAYA – Rektor Universitas Palangka Raya (UPR), Prof. Dr. Ir. Salampak, MS mengungkapkan bahwa UPR optimis karena saat ini sekitar 26 dosen UPR yang mengajukan pelayan guru besar dan sedang berproses.

Hal tersebut disampaikan Rektor UPR dalam pidato pada acara wisuda UPR periode April tahun 2023, bertempat di Aula Palangka UPR, Sabtu, 29 April 2023.

“26 dosen tersebut 2 sudah resmi yakni Prof Jakson dan Prof Irawan. Dan juga dengan 26 guru besar tersebut nantinya itu mencapai 3 persen lebih dari jumlah dosen di UPR, sehingga idealnya kita harus punya 10 persen atau sekitar kita butuh lagi sekitar 57 orang guru besar,” tutur Salampak.

BACA JUGA:   Mahasiswa IAIN Palangka Raya Ikuti Tes Wawancara Beasiswa BI

Sebelumnya, Rektor UPR telah mengukuhkan Prof. Dr. Jackson Pasini Mairing, M.Pd dari Program Studi Matematika FKIP UPR sebagai Guru Besar dan Prof. Dr. Irawan, M.Si dalam bidang Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam, dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis juga akan segera dikukuhkan.

Prof Salampak menambahkan juga ada 1 orang yang sedang menunggu SK keluar untuk menjadi Guru Besar, 11 orang dalam proses dan juga 10 orang juga dalam tahap pengajuan SK.

BACA JUGA:   Tidak Sampai Tiga Hari Jalan B. Koetin Kembali Rusak

“Sehingga di tahun 2023-2024 mungkin ada sekitar 20 profesor yang akan kita kukuhkan sebagai guru besar,” ungkap Salampak.

Sebagai informasi, kedudukan dan fungsi profesor adalah sebagai motor penggerak Pendidikan tinggi untuk mencapai tujuan (output). Implikasi dari ini adalah bahwa Dosen berjabatan profesor harus menjalankan tugas mengajar mahasiswa membimbing mahasiswa, melakukan penelitian, dan melakukan pengabdian kepada masyarakat sehingga sangat berpengaruh bagi kemajuan Universitas. (Rahul).