Wali Kota Sebut Sekolah di Palangka Raya Perlu Estrakulikuler Kebudayaan

RAHUL/BERITASAMPIT - Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin saat diwawancarai sejumlah awak media selepas peringatan Hardiknas 2023 di SMPN 1 Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Wali Kota Palangka Raya, Fairid Naparin mengatakan bahwa sekolah yang ada di Kota Palangka Raya perlu memiliki organisasi atau ekstrakulikuler yang fokus pada kebudayaan daerah, khususnya bahasa daerah.

Hal tersebut disampaikan Fairid saat apel dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang dilaksanakan di Halaman SMPN 1 Palangka Raya, Jalan A. Yani, Selasa 2 Mei 2023.

BACA JUGA:   Hj. Aster Bonawaty Ungkapkan Diri Siap Maju dalam Pilkada Bartim

Fairid menjelaskan hal tersebut agar supaya penutur bahasa daerah atau bahasa dayak tidak hilang dalam masyarakat Kota Palangka Raya.

“Pentingnya estrakulikuler yang fokus dalam pelestarian kebudayaan sebagai bentuk kita menjaga budaya dan warisan leluhur,” ungkap Fairid

Fairid melanjutkan, pendidikan bahasa daerah penting bagi generasi muda yang ada di sekolah-sekolah di kota Palangka Raya.

“Kenapa ini penting, karena kita harus Jasmerah (jangan sekali-sekali melupakan sejarah) dan itu termasuk kebudayaan tidak boeh dilupakan,” jelas Fairid

BACA JUGA:   Pemkot Palangka Raya Anggarkan Rp26,8 Miliar Tangani Stunting

Fairid meanmbahkan bahwa estrakulikuler yang dimaksud tidak hanya berfokus pada kebudayaan saja tetapi hal lain juga, namun penting untuk pelestarian kebudayaan.

“Kita boleh mengikuti arus globalisasi yang ada, tetapi jangan sampai itu melupakan warisan nenek moyang budaya yang kita miliki,” tandasnya.

(Rahul)