Ulah Oknum Tak Bertanggung Jawab Sejumlah Sampah Kembali Terlihat Dekat Dermaga Penyeberangan Jalan Usman Harun Sampit

NARDI/BERITA SAMPIT - Bungkusan sampah dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

SAMPIT – Sejumlah bungkusan sampah kembali terlihat di Jalan Usman Harun, Sampit Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) pada Kamis 4 Mei 2023 siang.

Diduga ada warga yang sengaja kembali membuang sampah di dekat dermaga penyeberangan dari Sampit ke Mentaya Seberang itu.

“Padahal dulu sudah bersih namun ada lagi yang mulai membuang sampah, sangat keterlaluan,” kata salah satu pengendara yang melintas, Ardianto.

Padahal diketahui bahwa larangan membuang sampah sembaranagn sudah ada sanksi adatnya.

“Namun selama ini seperti tak ditegakkan dan hanya sekedar jargon semata,” ucapnya.

Dirinya berharap agar masyarakat bisa sadar akan pentingnya hidup bersih dan jangan membuang sampah sembarangan.

Diketahui bahwa dulu lokasi tersebut penuh tumpukan sampah, setelah sanksi adat ditegakkan sampah-sampah mulai bersih. Namun kini kembali ada yang membuang sampah sembarangan.

Sementara warga lainnya, Nando berharap agar sanksi adat bisa ditegakkan dan jika dibiarkan maka bisa memicu oknum warga lain membuang ditempat itu.

Ia mengatakan jika lama-lama dibiarkan bungkusan sampah akan bertambah banyak dan kembali menumpuk, dibuang oleh oknum masyarakat yang tidak bertanggung.

“Ya paling ulah oknum masyarakat, karena disitu dulu udah jadi tempat pembuangan sampah, jadi masyarakat terbiasa membuang disitu,” katanya. (Nardi)