WHO Sebut Covid-19 Bukan Lagi Darurat Kesehatan Global, Kadinkes Kobar: Tetap Waspada dengan Melakukan Protokol Kesehatan

Ist/BERITA SAMPIT - Dirjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus (Salvatore Di Nolfi/Keystone via AP).

PANGKALAN BUN – Terkait telah menyebarnya informasi dari Badan Kesehatan Dunia yang disampaikan melalui Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus, bahwa saat ini covid-19 bukan lagi menjadi darurat kesehatan global.

Namun menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kobar Achmad Rois, informasi tersebut diterima dengan rasa syukur tetapi tetap harus waspada melakukan kedisiplinan individu, dalam kegiatan setiap hari harus melakukan protocol kesehatan.

“Kenapa saya bicara demikian, karena dalam pernyataannya, WHO tidak secara gamblang menyebut bahwa pandemi covid-19 telah benar-benar berakhir. Pejabat WHO, tersebut dalam rilisnya menyampaikan bahwa covid-19 terus menyebar, virus terus berevolusi, dan tetap menjadi ancaman kesehatan global. Hanya saja di tingkat yang lebih rendah, Jadi untuk menyikapi hal tersebut walaupun keberadaan covid-19 saat ini sudah dianggap tidak dalam mode krisis, kita tidak boleh lengah,“ kata Achmad Rois.

Menurut Achmad Rois, secara epidemiologis, virus akan terus menimbulkan gelombang. Lantaran, pejabat WHO tersebut dalam rilisnya juga menyampaikan bahwa bila diperlukan. Dan juga menyampaikan bahwa pihaknya tidak akan ragu untuk mengumumkan kondisi darurat bila terjadi kondisi yang dianggap mengancam.

“Pihak WHO menyampaikan bila situasi dan kondisinya mendesak, tentunya mereka tidak ragu untuk mengadakan pertemuan komite darurat lagi dan mengumumkan darurat kesehatan global lagi jika ada peningkatan kasus atau kematian covid-19 yang signifikan di masa mendatang,” ungkap Achmad Rois. (Man)