Hadapi Pemilu dan Pilkada Serentak 2024, Satuan Linmas di Barsel Akan Diberikan Pelatihan

DEDDY/BERITA SAMPIT: Kasat Pol PP dan Damkar Barsel Ganda Daya Bina,SH.

BUNTOK – Persiapan menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) akan mensosialisasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 26 tahun 2022 tentang penyelenggaraan ketertiban umum kententraman dan perlindungan masyarakat kepada seluruh satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) di daerah ini.

“Adapun langkah-langkah yang akan, dilaksanakan tersebut yakni dengan memberikan pelatihan kepada satuan-satuan Linmas di seluruh Kecamatan dan tingkat Desa yang ada di Barsel,” kata Kepala Satpol PP dan Damkar Barsel Ganda Daya Bina, Senin 8 Mei 2023.

BACA JUGA:   Eddy Raya Buka Puasa Bersama Santri Karantina Tahfidz Quran Buntok

“Pelatihan linmas merupakan program yang sudah kami susun dan untuk memastikan kesiapan personel kami akan melaksanakan seperti bimbingan teknik dan pelatihan bagi seluruh linmas se-Barsel. Jadi masing-masing linmas yang berada desa di enam kecamatan se-Barsel qkan mengikuti bimbingan teknis di kecamatan masing-masing. Tentunya dalam kegiatan tersebut nantinya, kita tetap berkoordinasi dengan pihak TNI dan Kepolisian,” sambungnya.

Selain itu juga pihaknya juga akan melaksanakan kegiatan Pengendalian Massa (Dalmas) yang juga merupakan salah satu langkah yang dilakukan oleh Satpol PP Barsel. Kegiatan Dalmas tersebut juga dilaksanakan bersama-sama dengan pihak Polri setempat yakni kegiatan Sistem Pengamanan Kota (Sispam Kota) terutama pada saat sebelum pelaksanaan Pemilu dan Pilkada.

BACA JUGA:   Kecelakaan Maut di Desa Bipak Kali, Dua Pengendara Motor Tewas

“Dalam rangka persiapan, menghadapi Pemilu dan Pilkada serentak 2024 mendatang, yakni untuk mengantisipasi, hal-hal yang dapat, mengganggu ketertiban umum ketentraman dan perlindungan masyarakat khususnya di Barsel,” pungkas Ganda Daya Bina.(Ded)