Kemenag Kobar Gelar Manasik Haji, 155 CJH Siap Diberangkatkan

Kepala Kantor Kemenag Kobar Mulyono saat memberikan materi pada  para Jemaah.

PAMGKALAN BUN – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) menggelar kegiatan manasik haji, yang diikuti sebanyak 155 jemaah haji reguler, di gedung PLHUT Kemenag setempat, pada Senin, 8 Mei 2023.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 8-9 Mei 2023, tersebut diadakan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji secara benar dan sesuai syariat Islam.

Dalam acara ini nampak hadir Pj Bupati Kobar yang diwakili Asisten III Setda Kobar Syahrudin, perwakilan Polres Kobar, Satpol PP dan sejumlah perwakilan lembaga perbankan syariah di kota Pangkalan Bun.

BACA JUGA:   Posyandu Aisyiah Pangkalan Bun Peduli dan Periksa Kesehatan Ibu-Ibu Lansia

Kepala Kantor Kemenag Kobar, Mulyono, mengatakan bahwa bimbingan manasik haji ini sangat penting bagi calon jemaah haji agar dapat mempersiapkan diri dengan baik, sebelum nantinya diberangkatkan ke tanah suci.

Dalam bimbingan haji ini, para calon jemaah haji diberikan pembekalan tentang tata cara pelaksanaan ibadah haji, mulai dari tata cara berihram, wukuf, sa’i, melontar jumrah dan lain-lain.

“Ada beberapa materi yang wajib disampaikan kepada jemaah, terutama berkaitan dengan rukun dan wajib haji. Itu jemaah harus tahu mulai dari sekarang,” kata Mulyono.

BACA JUGA:   Berdiri Tahun 1961 dengan Modal Dasar Rp10 Juta, Bank Kalteng Sekarang Berhasil Menumbuhkan Aset Sampai Rp15,19 Triliun (Bagian 02)

Dijelaskannya, bimbingan manasik haji ini tidak hanya dilakukan di tingkat kabupaten tetapi juga hingga ke tingkat kecamatan. Total, pihaknya akan melaksanakan 8 kali bimbingan untuk jemaah.

Untuk itu, pihaknya berharap calon jemaah haji selalu mengikuti arahan petugas pendamping. Mulai dari bimbingan, embarkasi di Banjarmasin hingga ke Saudi Arabiya.

“Saya berpesan luruskan niat berhaji pada hanya Lillahi Ta’ala. Ingin memenuhi perintah dan panggilan Allah SWT. Kita harus satu kesatuan, kompak satu komando. Nanti jemaah akan dikawal 7 orang petugas,” ungkapnya.(Man)