Kirab Budaya Parpol Peserta Pemilu 2024 di Sukamara Dimulai

ENN/BERITA SAMPIT - Ketua KPU Sukamara Ahmad Zen Allantany saat melepas peserta kirab bendera partai politik peserta pemilu 2024.

SUKAMARA – Kirab bendera partai politik peserta pemilu 2024 di Kabupaten Sukamara dimulai, Ketua KPU Sukamara Ahmad Zen Allantany melepas peserta kirab bendera yang terdiri dari partai politik peserta pemilu yang ada di Bumi Gawi Barinjam pada Selasa 9 Mei 2023.

Ahmad Zen Allantany mengatakan bahwa
kirab bendera partai politik peserta pemilu 2023 ini merupakan sosialisasi dan program KPU RI untuk memperkenalkan parpol yang menjadi peserta pemilu 2024.

“Kirab ini untuk mensosialisasikan peserta pemilu yang sampai saat ini ada 18 partai politik nasional dan enam partai politik lokal, Tapi yang kami sosialisasi di Sukamara ini partai politik nasional yang berjumlah 18 parpol,” kata Ahmad Zen Allantany usai melepas kirab bendera partai politik peserta pemilu 2024.

Ahmad Zen Allantany menerangkan dengan digelarnya kirab bendera partai politik peserta pemilu yang merupakan bagian dari program KPU RI diharapkan masyarakat dapat mengetahui jumlah parpol dan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu nanti.

“Paling tidak untuk partisipasi, bisa mempertahankan capaian yang pernah diraih Sukamara pada pemilu sebelumnya,” terang Ahmad Zen Allantany.

KPU Sukamara juga sudah menjadwalkan untuk kirab dan sosialisasi bendera Parpol tersebut ke tiap kecamatan yakni pada tanggal 10 Mei mendatang akan ke Kecamatan Pantai Lunci, dilanjut ke Kecamatan Jelai, Permata Kecubung dan juga Kecamatan Balai Riam.

“Sesuai jadwal setelah selesai kirab di Kabupaten Sukamara maka selanjutnya bendera Parpol peserta Pemilu ini akan diserahkan kepada KPU Kotawaringin Barat pada tanggal 14 Mei 2023,” kata Zen Allantany.

“Dan sesuai hasil kesepakatan karena pada hari tersebut merupakan puncak hari pendaftaran untuk Calon Anggota Legislatif maka kita putuskan akan diserahkan pada tanggal 15 Mei,” jelas Zen Allantany. (enn).