BPSDM Kalteng Gelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator Gelombang Pertama

IST/BERITA SAMPIT - Staf Ahli (Sahli) Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko mewakili Gubernur Kalteng menyampaikan sambutan dalam pelatihan KPA yang digagas BPSDM Kalteng, kemarin.

PALANGKA RAYA – Staf Ahli Gubernur Kalimantan Tengah Bidang Keuangan dan Pembangunan, Yuas Elko membuka Pelatihan Kepemimpinan Administrator (KPA) Gelombang I, Angkatan I, II dan III, yang mulai dilaksanakan pada Jumat, 12 Mei 2023 kemaren.

Dia menjelaskan dalam rangka melaksanakan agenda Reformasi Birokrasi 2024 guna terwujudnya World Class Bureaucracy, sehingga pelatihan ini dilaksanakan dengan metode bleanded learning.

“Metode pelatihan bleanded learning sebagai langkah nyata dalam upaya mewujudkan ASN unggul yang digaungkan oleh Pemerintah Republik Indonesia dengan employer banding ‘Bangga Melayani Bangsa’ dan titik tonggak penguatan nilai-nilai budaya kerja ASN dengan core values ASN,” katanya, Minggu 14 Mei 2023.

Setiap instansi pemerintah, tambah Yuas Elko, diperlukan sosok pejabat administrator yang memiliki tanggung jawab dalam memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik. Pelayanan publik yang dikelola dan dikendalikan dengan baik, merupakan bagian integral dari peningkatan kualitas kinerja unit organisasi.

BACA JUGA:   CEO Kaltengpedia: Kalteng Memerlukan Sosok yang Berpandangan Visioner

Sosok pejabat administrator yang dapat memainkan peran tersebut adalah pejabat yang telah memenuhi kriteria kepemimpinan manajemen kinerja, sehingga cepat atau lambatnya peningkatan kinerja organisasi akan ditentukan oleh kualitas manajemen kinerja yang dilakukan oleh pejabat administrator.

“Pejabat administrator ini nantinya harus memiliki kemampuan untuk menggerakkan seluruh anggota timnya,
mengoptimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki untuk bekerja bersama-sama dengan solid dan menemukan cara-cara kreatif. Untuk itu maksimalkan momen pelatihan ini sebaik-baiknya,” lugasnya.

Sementara itu, terpisah, Kepala BPSDM Provinsi Kalteng Sri Widanarni menambahkan, kurikulum yang akan digunakan dalam pelatihan kepemimpinan administrator terdiri dari empat tahap. Meliputi, materi kepemimpinan dan nasionalisme, kepemimpinan kinerja,
pengendalian pekerjaan, dan aktualisasi kepemimpinan.

“Untuk aktualisasi kepemimpinan, pemateri akan membekali peserta agar kemampuan menerapkan kapasitas kepemimpinan berkinerja tinggi dalam manajemen pelaksanaan kegiatan pembangunan melalui pengalaman best pratice dan aplikasinya dalam aksi perubahan dalam peningkatan kinerja organisasi,” pungkasnya.

BACA JUGA:   KONI Kalteng Targetkan 6 Emas pada PON Aceh-Sumut 2024

Diketahui, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Kalteng terus memberikan program peningkatan untuk pegawai dilingkup Provinsi. Kali ini dengan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Administrator (KPA) Gelombang I, Angkatan I, II dan III, yang mulai dilaksanakan pada Jumat 12 Mei 2023 kemaren.

Pelatihan yang digelar secara virtual itu diikuti 120 orang peserta dari beberapa instansi dari Pemprov Kalteng, pemerintah kabupaten/kota dan Kejaksaan RI dan lainya.

Kegiatan dilangsungkan mulai 12 Mei – 12 September 2023 mendatang bertujuan, agar peserta mempunyai kompetensi manajerial jabatan sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 pasal 15 angka 1, di mana pejabat administrator sebagaimana dimaksud dalam pasal 14 huruf a bertanggung jawab memimpin pelaksanaan seluruh kegiatan pelayanan publik serta administrasi pemerintah dan pembangunan.

Selain itu juga menambah keilmuan perkantoran hingga administrasi untuk nantinya memimpin sebuah kepercayaan dalam instansi tersebut. (Hardi).