Dapil IV Kotim, Arena Rebutan Suara Putra Daerah hingga Anak Pengusaha 

NARDI/BERITA SAMPIT - Bacaleg PKB saat proses pengajuan berkas ke KPU Kotim

SAMPIT – Nama-nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) mulai terkuak di daerah pemilihan (Dapil) IV Kotawaringin Timur (Kotim) meliputi Kecamatan Kota Besi, Cempaga, Cempaga Hulu, dan Telawang.

Jika melihat nama-nama yang dipasang bahkan diandalkan para partai politik di dapil ini hampir sebagian besar mereka adalah putra daerah setempat, yang siap merebut tujuh kursi dapil ini.

Tidak heran nantinya terjadi persaingan yang cukup sengit untuk merebut suara oleh para putra daerah setempat hingga anak pengusaha saat pileg 2024. Mereka adalah Parimus, Alexius Esliter, Gahara, Ary Dewar, Mariani, Sugianto, Rena, Tunjang Johanis, Riakjon, Amrul Hadi, M Saleh Suaidi, Megawati, Supian Hadi, Memei Wulandari, Kaspul, Noor Aprili, Sandum, Ricko Kritolelu, Dewi Dowes hingga sejumlah nama lainnya.

Selain itu juga ada nama anak pengusaha yang cukup ternama di daerah ini yakni Sedha Tan Minggara anak dari Ansen Tue, Sutir hingga Juang.

Jika melihat latar belakang mereka selain tokoh atau putra daerah mereka juga berasal dari inkamben yang sudah beberapa kali duduk di DPRD, seperti PDIP ada Alexius Esliter yang merupakan Anggota DPRD Kalteng. Ia juga pernah duduk di DPRD Kotim.

PDIP juga diperkuat Parimus, sementara Rimbun bergeser pindah dapil V, sedangkan Paisal Damarsing bergeser maju di Pileg Provinsi Kalteng dan menempatkan adik perempuannya di dapil itu. Selain itu juga ada Gahara yang merupakan pengusaha serta aktivis.

Demokrat yang sudah kehilangan Parimus, menempatkan sejumlah nama seperti tokoh pemuda Ricko Kritolelu, Sandum, serta sejumlah nama lainnya.

Di Partai Golkar masih diperkuat Mariani, ada mantan Kepala Desa Rena, Sugianto serta sejumlah tokoh lain seperti Tunjang Johanis dan nama lainnya.

PAN masih menempatkan Megawati dari inkamben, juga mantan kades. Ditambah lagi ada mantan kades Cempaka Mulia Barat Supian Hadi dan tokoh lainnya seperti Saleh Suaidi hingga Amrul Hadi.

Gerindra ada Ary Dewar juga tokoh kuat karena merupakan anggota dewan selama tiga periode dan diketahui merupakan mantan kades.

Sementara itu Ketua DPC PKB Shohibul Hidayah maju di Dapil ini beserta Memey Wulandari yang merupakan inkamben, ada tokoh masyarakat seperti Kaspul dan sejumlah nama lainnya.

“Target PKB adalah menang dan menambah jumlah kursi di DPRD Kotim,” kata Shohibul.

Nasdem ada nama Sedha Tan Minggara, Dewi Dowes Ahad serta nama-nama lainnya.

PKS turut diperkuat Noor Aprilly anak almarhum H Hademan anggota dewan dari PKB, sementara itu Hanura ada nama pengacara Sugianto.

Di sisi lain juga partai yang sebelumnya tidak dapat Kursi seperti Perindo memasang Paulus Yudi Hermawan mantan anggota DPRD Kotim.

Sejumlah partai lainnya juga berjuang memperebutkan kursi DPRD Kotim Dapil IV seperti PPP, PBB, Gelora, PSI, dan Partai Ummat. (Nardi)