DPRD Kobar Mengapresiasi Terobosan Baru PT GSIP-AMR (Astra Group) Memberi Penyuluhan Kepada Masyarakat Membuat Sabun Mandi dari Bahan Baku Tanaman Obat Keluarga

Ketua Komisi C DPRD Kobar Jaya Sutiyana.

PANGKALAN BUN – DPRD Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) mengapresiasi adanya terobosan baru dari PT Gunung Sejahtera Ibu Pertiwi-Agro Menara Rachmat (PT GSIP-AMR) salah satu anak Perusahaan (Astra Group) Area Kalimantan Tengah di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), yang telah menggelar berbagai pelatihan kepada masyarakat desa. Hal tersebut disampaikan Ketua Komisi C DPRD Kobar Jaya Sutiyana, saat dikonfirmasi Berita Sampit, Rabu 24 Mei 2023 sore.

“Dan pelatihan ini saya rasa sebagai terobosan baru untuk  PT GSIP-AMR karena investor yang lain belum saya dengan, ada penyukuhan sekaligus praktem membuat sabun mandi bahan barunya dari Tanaman Obat Keluarga (Toga),“ kata Jaya Sutiyana.

Jaya Sutiyana, mengapresiasi PT GSIP-AMR menggelar berbagai penyuluhan kepada  masyarakat Desa, khususnya cara membuat Sabun mandi dari bahan baku Toga. Ia merasa bangga karena dirinya juga sejak kecil/dewasa dan sampai sekarang masih menggeluti lahan pertanian dan perkebunan.

Jadi wajar kalau warga masyarakat petani, sampai sekarang masih mempercayai Jaya Sutisna sebagai Ketua KUD Tani Subur di Desa Pangkalan Tiga (Tetangga Desa Pangkalan Dewa), Kecamatan Pangkalan Lada Kabupaten Kobar.

Menurut Jaya Sutiyana, pelatihan yang dikemas PT GSIP-AMR juga  sangat bagus. Bagusnya tim penyuluh dari perusahaan mau menjemput bola datang kedesa.

“Terkait dengan adanya penyuluhan khusus dari perusahaan memang seyogyanya harus dilakukan oleh semua investor yang ada di Kabupaten Kobar, sehingga sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar perkebunan perusahaan itu sendiri,“ terang Jaya Sutiyana.

Seraya menambahkan, dia berharap tidak hanya sekedar pelatihan sesaat, dan setelah itu tidak ada tindak lanjutnya, sehingga tidak ada manfaatnya.

“Maka sebelum memberikan pelatihan dikaji dulu materi pelatihan yang ada kelanjutannya sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat yang mengikuti pelatihan. Dan kalau memang sebelumnya sudah dikaji berbagai materinya, yah itu sangat bagus dan saya siap mendukung,“ pungkas Jaya Sutiyana, yang beberapa bulan yang lalu telah dundang Presiden ke Istana Negara. (Man)