Lestarikan Warisan Budaya Berupa Kuliner Khas Dayak

LULUS/BERITA SAMPIT- Wakil Ketua II DPRD Mura, Rahmanto Muhidin, S.HI.,MH

PURUK CAHU- Wakil Ketua II DPRD Murung Raya Rahmanto Muhidin mengajak masyarakat maupun anak muda untuk tetap melestarikan warisan budaya kuliner khas Dayak seperti Kenta, Lamang/Malaman, Sayur Asam/Juhu Ansem, Tumis Sulur Keladi, Sanga Pucuk Jawaw Baupet, Sambal Kandas Sarai, Tumpi Jawau dan lainnya.

“Pelestarian warisan budaya kuliner Dayak ini dengan cara menanamkan rasa cinta terhadap masakan atau budaya kita sendiri, dengan mengadakan lomba budaya setempat, memberikan dukungan untuk mengembangkan budaya, mengajarkan budaya daerah kepada generasi muda selanjutnya dan dapat saling berbagi informasi atau pengetahuan tentang budaya daerah,” Kata Rahmanto, Rabu 24 Mei 2023.

Lebih lanjut Rahmanto, seperti sosialisasi di sekolah secara langsung maupun tidak langsung memberikan sedikit banyaknya pengetahuan bagi generasi muda dalam hal mempelajari warisan budaya daerahnya.

“Saat ini sangat jarang sekali kita jumpai kumpulan anak muda khususnya yang masih bersekolah mau belajar mengenal warisan budaya ini. Kita harapkan terkhususnya kepada anak muda putra putri asli daerah Murung Raya ini dapat lebih mengenal budaya daerahnya,” ucapnya.

Jangan sampai, kata dia, hal tersebut justru membuatnya lupa akan kelestarian turun menurun dari budaya yang telah diwariskan terhadap anak cucunya sejak dulu.

“Saya selaku anggota DPRD Murung Raya sangat mengharapkan kepada sekolah- sekolah yang ada di Murung Raya untuk memberikan sosialisasi anak didik agar bisa memperkenalkan warisan budaya lokal,”pungkasnya.(Lulus).