Tenaga Kerja Lokal Jangan Menjadi Penonton

LULUS/BERITA SAMPIT- Anggota DPRD Mura Johansyah, SE

PURUK CAHU- Sekretaris Fraksi Partai Persatuan Pembangunan DPRD Murung Raya, Johansyah meminta dengan tegas agar pemerintah kabupaten melindungi tenaga kerja atau buruh lokal.

“Pemkab Murung Raya harus bisa melindungi tenaga kerja atau buruh lokal agar jangan sampai menjadi penonton di negeri sendiri,” tegas Johansyah, Rabu 24 Mei 2023.

Politisi dari daerah pemilihan (Dapil) 3 itu mengatakan, tenaga kerja merupakan bagian integral dari masyarakat yang berkontribusi nyata dalam pembangunan ekonomi.

“Sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah dan dalam rangka terwujudnya pembangunan di bidang ketenagakerjaan, maka perlu adanya pendayagunaan dan perlindungan hak tenaga kerja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pekerja dengan memperhatikan perkembangan dunia usaha yang semakin maju,” ujarnya.

Maka fakta yang ditemukan di lapangan banyak tenaga kerja yang tidak terlayani sebagaimana ketentuan yang mesti dipatuhi pihak perusahaan.

“Kita sudah punya Perdanya, bahwa perusahaan wajib memperkerjakan tenaga lokal dengan menerapkan 70-30 persen, 70 persen tenaga lokal dan 30 persen tenaga dari kerja dari luar. Maka kami minta Perda ini betul-betul ditaati oleh para Investor yang beroperasi di wilayah Murung Raya,”pungkasnya.(Lulus)