Rumah Baca SMP 6 Kurun Diresmikan

IST/BERITA SAMPIT - Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun Jeksenly bersama Plt Kadisdikpora Aprianto, Pimpinan Seksi Administrasi dan Keuangan Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun Nanie, Kepala SMP Negeri 6 Kurun Brata saat foto bersama.

KUALA KURUN – Pendopo rumah baca Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP Negeri) 6 Kurun Jalan Jambu nomor 19 RT 6 RW 2 Kelurahan Tampang Tumbang Anjir diresmikan, Rabu, 23 Mei 2023.

Peresmian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun Jeksenly dan Plt Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Kadisdikpora) Aprianto, didampingi Pemimpin Seksi Administrasi dan Keuangan Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun Nanie, Kepala Sekolah SMPN 6 Kurun Brata, pengawas/pembina SD/SMP Minu, sejumlah guru SMPN 6 Kurun.

Pimpinan Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun Jeksenly mengatakan CSR yang diberikan untuk pembangunan pendopo rumah baca SMP Negeri 6 Kurun sebagai bentuk kepedulian Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun kepada masyarakat khususnya sektor pendidikan.

“Pendopo ini sebagai wadah peserta didik untuk membaca. Adanya pendopo ini kita harapkan kegemaran membaca dari peserta didik SMPN 6 Kurun bisa meningkat,” ungkap Jeksenly.

BACA JUGA:   Polres Gunung Mas Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK Birokrasi Bersih dan Melayani

Lebih lanjut dikatakannya, pentingnya peningkatan budaya literasi membaca di kalangan peserta didik di Gunung Mas, karena dengan gemar membaca pengetahuan menjadi luas, cakrawala berpikir pun menjadi semakin baik menuju hidup yang berkualitas.

“Bank Kalteng berkomitmen menyalurkan CSR untuk kepentingan masyarakat di sektor pendidikan, keagamaan, olahraga, dan seni budaya. Ke depan sektornya bisa beragam dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kadisdikpora Kabupaten Gunung Mas Aprianto menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bank Kalteng Cabang Kuala Kurun atas dukungan untuk kemajuan pendidikan di Gunung Mas melalui dana CSR, seperti dukungan untuk pembangunan pendopo rumah baca SMP Negeri 6 Kurun.

“Budaya literasi sebuah keniscayaan dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Budaya literasi dikalangan peserta didik di Kabupaten Gunung Mas kita harapkan terus meningkat. Literasi memiliki nilai yang jauh lebih utama,” sebut Aprianto.

BACA JUGA:   Puluhan PNS di Lingkup Pemkab Gunung Mas Dilantik

Dikatakannya, membaca akan melibatkan otak ketiga yakni otak neokorteks untuk bernalar dan berlogika. Membaca akan melatih daya ingat dan konsentrasi dalam jangka waktu yang lama.

Membaca buku secara rutin, otak distimulasi untuk terbiasa mengolah pikiran dan memori, serta fokus terhadap suatu hal selama beberapa waktu. Membaca dapat mencegah penurunan daya ingat.

Pada kesempatan itu juga, Kepala SMP Negeri 6 Kurun Brata menyampaikan terima kasih atas dukungan CSR Bank Kalteng serta dukungan Disdikpora Kabupaten Gunung Mas atas terbangunnya pendopo rumah baca SMP Negeri 6 Kurun.

“Kehadiran pendopo rumah baca bisa meningkatkan budaya literasi peserta didik dan guru SMPN 6 Kurun,” tutupnya. (Ale).