Inilah Riwayat Singkat Pendidikan Penjabat Bupati Kobar Budi Santosa

H. Budi Santosa saat dilantik sebagai Penjabat Bupati Kobar, bersama Penjabat Bupati Barsel, oleh Gubernur Kalteng.

Oleh: Maman Wiharja (Wartawan Berita Sampit)

PENJABAT (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Drs. H. Budi Santosa, M.Si., yang baru 1 hari masuk kerja di Kantor Bupati Kobar Jumat, 26 Mei 2023, ternyata memiliki karier pendidikan, khususnya ilmu pemerintahan yang cukup lumayan bagi seorang Penjabat Bupati.

Seperti telah dilansir salah satu Web di Mendagri. Inilah sebagai berikut riwayat singkat H.Budi Santosa, yang dilahirkan di Kota Madiun, Provinsi Jawa Timur.

H. Budi Santosa, lahir tanggal 26 Mei 1968 anak pertama dari pasangan Almarhum Bapak Sudarmadi dan Almarhumah Ibu Siti Istijari. Dan berhasil mempersunting/menikah dengan idamannya Hj. Siti Harli Saparia, M.Pd. Dari hasil pernikahannya, dikaruniai dua putri yang sama-sama telah memiliki gelar, yakni Anisa Siti Mariani Kriya Utami, S.T dan Fadila Siti Rahma, S.T.P.

H. Budi Santosa, yang dilahirkan dari keluarga sederhana , memulai pendidikan formal Sekolah Dasar di SD Negeri 1 Petungrejo Kabupaten Magetan lulus Tahun 1981.
Dan SMP Negeri 1 Kawedanan Kabupaten Magetan lulus Tahun 1984, berlanjut ke  SMA Negeri 1 Kawedanan Kabupaten Magetan lulus Tahun 1987. Kemudian melanjutkan pendidikan Strata 1 (S-1) Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Malang lulus Tahun 1991.

BACA JUGA:   SMAN 2 Kumai Bagi-Bagi Paket Sembako dan Infak Ramadan 1445 H, Kepsek Drs. Ridwan: Wujud Peduli Sesama Tunai Tugas Ilahi

Serta program Strata 2 (S-2) Magister Ilmu Pemerintahan Program Kerjasama Institut Ilmu Pemerintahan (IIP) Jakarta  dan di UNPAD (Universitas Padjadjaran) Bandung lulus Tahun 2008.

Pengalaman H. Budi Santosa, dimulai menjadi seorang ASN pada Kementerian Dalam Negeri RI pada Tahun 1994 sebagai Staf di Bagian Perencanaan  Sekretariat  Direktorat  Jenderal  Pemerintahan Umum dan Otonomi Daerah (Ditjen PUOD).

Pada Tahun 1995-1999 Staf di Direktorat Bina Pemerintahan Daerah Ditjen PUOD, pada Tahun 1999-2000 Analis Kebijakan pada Kantor Menteri Negara Otonomi Daerah RI, pada Tahun 2000-2004 Kepala Seksi Dekonsentrasi pada Direktorat Jenderal Umum Pemerintahan.

BACA JUGA:   Ini Info Plt Dikbud Kobar Jamri Tentang Libur Khusus Puasa dan Jam Kerja Selama Bulan Ramadan

Pada Tahun 2004-2011 Kepala Sub Direktorat Dekonsentrasi pada Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum, pada Tahun 2011-2014 Kepala Bagian Protokol Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI, pada Tahun 2014-2015 Kepala Sub Direktorat Tanggap Darurat dan Bencana Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan, pada Tahun 2015-2017 Kepala Sub Direktorat Kecamatan Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan.

Pada Tahun 2017-2019 Direktur Fasilitasi Kepala Daerah dan DPRD Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, pada Tahun 2019 sampai terakhir  sebelum dilantik Pj.Bupati Kobar, sebagai Direktur Badan Usaha Milik Daerah, Badan Layanan Umum Daerah dan Barang Milik Daerah, pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Republik I.

Itulah riwayat singkat pendidikan H. Budi Santosa, semoga Ilmu pendidikan yang telah diraihnya bisa membawa pembangunan Kabupaten Kobar (biarpun satu tahun) ke arah yang lebih baik dan lebih menyentuh kepada masyarakat..************