Akhir Pekan, Wisata Air Hitam Masih Jadi Primadona

RAMAI : BAIM/BERITASAMPIT - Terlihat pengelola wahana bebek air saat melayani para pengunjung yang ingin mencoba wahana permainan.

PALANGKA RAYA – Destinasi wisata Air Hitam yang berada di kawasan Dermaga Kereng Bangkirai masih menjadi kawasan wisata primadona khususnya bagi masyarakat Kota Palangka Raya atau wisatawan yang sengaja datang untuk berkunjung ke lokasi tersebut.

Untuk sampai ke lokasi wisata yang terletak di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kecamatan Sebangau Kota Palangka Raya ini jika anda dari dalam kota, wisatawan bisa menempuh perjalanan sekitar 20 menit. Wisatawan juga tidak perlu khawatir kesasar atau salah jalan karena sepanjang jalan ada penunjuk arah yang bisa diikuti.

Menurut Pak Amir penjual Es Doger memang menjelang libur akhir pekan, destinasi wisata Air Hitam selalu dipadati oleh masyarakat dan lokasi wisata tersebut jelas masih menjadi pilihan masyarakat untuk berwisata.

Sebelum memasuki lokasi wisata, wisatawan akan di kenakan biaya masuk yang relatif murah yakni Rp5000 per orang.

Dari lokasi parkir kendaraan, pengunjung akan menempuh perjalanan kaki sekitar 10 meter. Sepanjang jalan masuk menuju tempat swafoto dan beberapa gazebo yang telah disediakan, para wisatawan akan melihat beberapa karya tangan masyarakat setempat seperti gelang, kalung, tas motif Dayak, baju anak-anak hingga dewasa.

“Wisata Air Hitam Kereng Bangkirai menjadi salah satu wisata pilihan keluarga, teman hingga orang yang berpacaran. Apalagi di wisata ini sudah banyak tersedia wahana pendukung berwisata,” ucap Pak Amir, Sabtu 27 Mei 2023.

Wahana pendukung wisata Air Hitam yakni, kapal hias susur sungai, sepeda bebek air, maupun perahu klotok menuju ke kawasan Batu Ampar Sebangau.

Keberadaan destinasi wisata Air Hitam tentunya membawa berkah tersendiri bagi masyarakat setempat, banyak masyarakat yang terlihat menjajakan beraneka kuliner makan ringan hingga berat dan juga beranekaragam gorengan.

“Kalau hari Minggu cukup ramai dikunjungi juga, karena wisata Air Hitam ini juga jaraknya tidak terlalu jauh dari Kota Palangka Raya,” sebut Pak Amir.

(im)