Sebanyak 188 Calon Jamaah Haji Kotim Akan Diberangkatkan Awal Juni

IBRAHIM/BERITA SAMPIT - Calon Jamaah haji Kotim saat mengikuti manasik haji di Sampit.

SAMPIT – Sebanyak 188 calon jamaah haji (CJH) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) rencana akan diberangkatkan pada Kamis 1 Juni 2023 mendatang menggunakan carter pesawat NAM Air dari Bandara Haji Asan Sampit menuju Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin.

“Rencana calon jemaah haji Kotim akan dilepas secara seremoni rencananya oleh Pak Bupati Kotim Halikinnor pada Kamis, 1 Juni 2023 nanti,” kata Tiariyanto, Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kotim, Sabtu 27 Mei 2023.

Tiariyanto mengungkapkan jumlah jemaah haji di Kotim yang awalnya dijadwalkan berangkat sebanyak 184 orang menjadi 188 orang, kaena ada tambahan 4 orang dari kuota jemaah haji Ambil cadangan.

Lanjutnya, untuk hari Jumat 2 Juni 2023 jemaah calon haji Kotim akan diberangkatkan menggunakan carter pesawat NAM Air dua kali penerbangan dari Bandara Haji Asan Sampit dan jemaah diperkirakan tiba di Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin sekitar pukul 07.00 WITA.

BACA JUGA:   Sedang Tertidur Pulas, Rumah Warga Hampir Jadi Arang

“Kami rencananya akan mendampingi jemaah dari Sampit sampai ke Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin. Koper jemaah akan lebih dulu dikirimkan lewat jalur darat menggunakan dua truk pada 31 Mei 2023,” tutur ya.

Sedangkan untuk koper jemaah calon haji dibatasi maksimal beratnya hanya 32 kg baik berangkat maupun tiba nanti tidak boleh melebihi kapasitas. Jemaah calon haji Kotim akan menjalani ibadah haji selama 45 hari dan akan dijadwalkan kembali ke tanah air Indonesia pada 13 Juli 2023.

Calon jemaah haji Kotim termasuk dalam keberangkatan gelombang pertama, kloter empat yang akan diberangkatkan pada Sabtu, 3 Juni 2023 pukul 02.40 WITA dari Bandara Ambil Syamsudin Noor Banjarmasin menuju Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdulaziz Madinah.

“Untuk tahun ini Kotim tidak ada petugas haji daerah dan hanya ada satu orang tim kesehatan haji Indonesia yang mendampingi jemaah calon haji Kotim selama menjalani ibadah haji,” katanya.

BACA JUGA:   Pemkab Kotim Sampaikan Laporan LKPJ Anggaran 2023 dalam Rapat Paripurna

Tiariyanto mengatakan 188 jemaah calon haji Kotim sudah mempersiapkan diri mulai dari pembuatan paspor, pemeriksaan kesehatan tahap kedua termasuk didalamnya melakukan vaksin Covid-19 dan vaksin meningitis dan juga telah melaksanakan manasik haji di Masjid Wahyu Al Hadi Islamic Center pada 11-20 Mei 2023.

“Semua jemaah calon haji Kotim yang diberangkatkan tahun ini sudah membayar biaya pelunasan ibadah haji (BPIH), sudah membuat paspor, sudah mengurus bio visa sebagai syarat pemvisaan hingga pemeriksaan kesehatan yang semua sudah dilakukan sebelum pelaksanaan manasik haji,” ujarnya.

Dijelaskan untuk jumlah jemaah calon haji Kalteng sebanyak 1.579 jemaah dan ditambah 14 petugas haji daerah serta 25 petugas kloter.

“Jemaah dari Provinsi Kalteng semua diberangkatkan pada gelombang pertama yang dijadwalkan dari 1-7 Juni 2023,” pungkasnya.

(Ibra)