Bupati Kotim: Potensi Penerbangan di Bandara H Asan Sampit Sangat Besar

IBRAHIM/BERITA SAMPIT- Bupati Kotim, Halikinnor.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor menilai potensi penebangan dengan keberadaan perusahaan disektor perkebunan kelapa sawit dan pertambangan di wilayah Kotim sangat besar.

Halikinnor menjelaskan di kabupaten Kotim terdapat perusahan besar swasta yang bergerak disektor perkebunan kelapa sawit berjumlah 53 perusahaan perkebunan kelapa sawit.

“Dimana Kotim merupakan kabupaten dengan jumlah perkebunan kelapa sawit terbesar di seluruh indonesia dengan jumlah 63.435 orang karyawan perusahaan,” kata Halikinnor saat melakukan audiensi bersama kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah VII Balikpapan, Senin 29 Mei 2023.

BACA JUGA:   357 Siswa MAN Kotim Plus Keterampilan Ikuti Assesmen PTS 2024

Menurut Halikin unsur pimpinan perusahaan baik dari unsur pimpinan sekelas asisten manager manager pasti berpotensi melakukan berpergian menggunakan pesawat udara khususnya yang akan ke pulau jawa dan sekitarnya.

“Diperkirakan sebesar 8% dari total jumlah karyawan maka potensi melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat adalah 5.474 orang. disamping itu terdapat 14 perusahaan pertambangan di kab kotim,”jelasnya.

BACA JUGA:   Polisi Selidiki Penemuan Mayat Bayi Mengapung di Sungai Mentaya

Selain itu, dengan penerbangan yang sekarang pesawat hanya tiga kali seminggu memperhambat kerjasama dengan pihak lain. Kata Halikin pengalaman selama ini banyak pejabat dan investor pusat yang gagal ke Sampit karena terkendala transportasi.

“Harapan kita untuk menarik investor, kita harus diperlebar diperpanjang runwaynnya sehingga bisa menampung banyak kapasitas. Kalau kita menunggu kapan, semua permasalahan tidak akan terjawab di Kotim ini,” pungkasnya.

(Ibra)