Buka Pelatihan Koperasi, Bupati Lamandau Berharap Pengurus Miliki Anggota yang Kompeten

IST/BERITA SAMPIT : Bupati Lamandau Hendra Lesmana saat membuka acara acara pendidikan dan latihan perkoperasian bagi pengurus dan pengawas koperasi. 

NANGA BULIK – Dalam membuka acara pelatihan pengurus dan pengawasan koperasi, Bupati Lamandau Hendra Lesmana meminta koperasi yang ada di daerah bukan hanya aktif, tetapi harus sehat dan juga dikelola oleh orang yang memiliki kompetensi.

“Koperasi harus aktif dan sehat,” ucap Bupati Hendra saat membuka acara pendidikan dan latihan perkoperasian bagi pengurus dan pengawas koperasi, Selasa, 30 Mei 2023.

Hendra menyebutkan dari 197 koperasi yang aktif hanya 9 koperasi yang dinyatakan sehat dan akuntabel.

BACA JUGA:   Tabrakan Bus Sekolah VS Truck Tangki, Puluhan Pelajar Alami Luka-luka

Menurutnya, selebihnya dinilai belum mampu menjalankan fungsinya, terutama untuk memajukan dan menyejahterakan anggota.

Pihaknya mengaku terus mendorong kemajuan perkoperasian guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Keberadaan koperasi seharusnya memberikan manfaat. Bukan sebaliknya malah menimbulkan permasalahan baru.

“Koperasi itu seharusnya mensejahterakan anggotanya, namun apabila tidak amanah, baik dari pengurus, pengawas maupun pihak luar yang berkepentingan, maka keberadaan koperasi menjadi tidak sehat dan malah akan menimbulkan permasalahan,” bebernya Hendra.

BACA JUGA:   Rayakan Kemenangan, Tim Paslon Prabowo-Gibran Kabupaten Lamandau Gelar Syukuran 

Melalui kegiatan tersebut, Bupati berharap dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai perkoperasian, baik bagi pengurus maupun anggota koperasi di Lamandau.

“Pemkab Lamandau terus melakukan pengawasan, diharapkan semua koperasi aktif, sehat, dan akuntabel. Semoga dengan adanya pelatihan ini dapat menambah koperasi yang aktif dan sehat di Kabupaten Lamandau,” pungkasnya. (Andre)