DKPP Seruyan Pastikan Ketersediaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha Aman

IST/BERITA SAMPIT - Kepala DKPP Seruyan Albidinnor.

KUALA PEMBUANG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan memastikan ketersediaan hewan kurban menjelang Idul Adha masih mencukupi dan aman.

Kepala DKPP Seruyan Albidinnor mengatakan, pihaknya memastikan bahwa ketersediaan hewan kurban di wilayah setempat hingga saat ini masih aman.

“Kalau terkait ketersediaan di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur kita juga mendatangkan dari luar, dari Jawa dan Banjarmasin. Sementara untuk kecamatan yang diatas untuk saat ini masih tersedia hewan qurban yang dari dalam daerah,” katanya, Selasa 30 Mei 2023.

Menurut dia, wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) cukup berdampak pada ketersediaan hewan kurban di Kecamatan Seruyan Hilir dan Seruyan Hilir Timur

“Jadi sentral kita ini ada di Tanjung Rangas saja, kemudian ada pengembalaan di sekitar Seruyan Hilir ini, cuman karena efek penyakit kuku dan mulut itu terasa juga dampaknya,” ujarnya.

Hingga saat ini, lanjut dia, pihaknya telah mencatat ada beberapa orang yang telah mengajukan untuk mendatangkan sapi dari Banjarmasin dan Jawa.

“Jadi ketersediaan sampai saat ini masih aman, meskipun kita masih mendatangkan dari Jawa dan Banjarmasin, ini tidak kalah penting biasanya pengajuan ini banyak dibawa ke Sampit karena biaya operasional lewat pelabuhan kita lebih murah,” pungkasnya.