Harga Sapi di Kabupaten Seruyan Berkisar antara Rp17-39 juta

AHMAD/BERITA SAMPIT - Kepala DKPP Kabupaten Seruyan Albidinnor.

KUALA PEMBUANG – Harga sapi di Kabupaten Seruyan menjelang Hari Raya Idul Adha berkisar antara Rp17 juta hingga Rp39 juta perekor, tergantung pada jenis dan bobot sapi yang akan dibeli oleh konsumen.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Seruyan Albidinnor menyebut, bahwa harga sapi menjelang Hari Raya Idul Adha tahun ini jauh lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

“Sejauh ini tidak ada keluhan masyarakat kita memperoleh sapi, tinggal harganya, untuk harga di tahun 2022 kita masih bisa dapet di harga Rp13.500.000 sampai 17 juta, tapi kalau sekarang sudah di atas itu lagi, udah lebih mahal,” kata Albidin, Selasa 30 Mei 2023.

Dia menyebut, harga ternak tahun ini ketimbang tahun ini memang ada kenaikan, hal itu disebabkan, karena tingginya daya beli masyarakat saat ini sehingga membuat harga sapi ikut naik juga.

“Ini juga kenapa jadi mahal karena mekanisme pasar, karena permintaan sudah mulai banyak, apalagi kita sudah keluar dari Covid-19,” ujarnya.

“Kalau dibawah 17 juta sudah susah, bahkan ada yang sampai 39 juta tapi sesuai dengan harganya, kalau kita bandingkan dengan harga daging ini masih mahal dengan beli hidupnya karena ini masalah nyawa,” pungkasnya.