Seekor Buaya Berukuran Sekitar Dua Meter Muncul Dekat Pemukiman Warga Sampit

IST/BERITA SAMPIT - Seekor buaya yang diperkirakan berukuran dua meter, muncul disekitar pemukiman warga Sampit sekitar sungai Mentawa, Jalan H Imran, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang. Selasa 30 Mei 2023.

SAMPIT – Kemunculan seekor buaya yang diperkirakan berukuran sekitar dua meter di Sungai Mentawa Jalan H Imran Sampit, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur, sontak membuat geger sehingga membuat warga takut untuk beraktivitas. Selasa 29 Mei 2023.

Buaya yang diperkirakan sedang berjemur di atas sampah kayu di sungai tersebut, terlihat jelas oleh warga dan sempat mengabadikan melalui video handphone terkait kemunculan hewan berdarah dingin itu.

Melihat video tersebut, Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) Pos Jaga Sampit, akan menindaklanjuti dan akan ke lokasi dimana hewan itu muncul..

“Besok insya allah ke lokasi, ini merupakan kemunculan yang keempat di lokasi yang sama dengan ukuran berbeda,” kata Komandan Pos Jaga BKSDA Sampit Muriansyah, saat dikonfirmasi media ini.

Muriansyah mengakui, pihaknya sudah pernah melakukan upaya pemasangan perangkap di lokasi itu, namun masih belum berhasil menangkap buaya itu.

“Pernah kami upayakan ditangkap dengan cara di jaring dan di jerat tapi tidak berhasil,” ujarnya

“Buaya akan selalu datang ke tempat tersebut. Kenapa, karena ada kandang ayam,” sambung Muriansyah.

Dia mengimbau agar masyarakat tetap waspada, terutama beraktivitas disekitar sungai. Selain itu, dia juga mengajak masyarakat menjaga kebersihan lingkungan, serta menghilangkan kebiasaan membuang sampah rumah tangga atau bangkai hewan ke sungai. (ilm).