Persiapan Kedatangan Menparekraf, Pj Bupati Kobar Kunjungi Rumah Betang Pasir Panjang 

Man/BERITA SAMPIT - Pj Bupati Kobar saat tiba di Rumah Betang disambut Tetua Adat.

PANGKALAN BUN – Penjabat (Pj) Bupati Kotawaringin Barat (Kobar) Budi Santoso Sudarmadi didampingi Plh Sekda Kobar Juni Gultom, Rabu 31 Mei 2023, mengunjungi rumah Betang desa Pasir Panjang Kecamatan Arut Selatan.

Kunjungan tersebut sebagai persiapan Kedatangan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berkaitan dengan anugerah wisata desa Indonesia tahun 2023. Untuk desa Pasir Panjang sendiri masuk dalam 75 besar sebagai desa unggulan di Indonesia.

Kedatangan Pj Bupati Kobar Budi Santosa disambut  upacara adat ikat tongang (Ikat tali persaudaraan) yang di Pandu oleh demang adat desa Pasir Panjang.

Pj Bupati Kobar Budi Santosa dalam arahannya menyampaikan, Desa Pasir Panjang ini merupakan desa lokal yang unik, selain terletak di dalam kota Pangkalan Bun, di desa Pasir Panjang ini juga sebagai wujud dari Bhinneka tunggal Ika.

“Disini (Pasir Panjang) berdiri secara berdampingan tiga rumah ibadah yakni Masjid, Gereja dan rumah adat Kaharingan, begitu juga dengan pemakamannya, hal ini harus di pertahankan, ini sebagai bukti kuat bahwa Masyarakat Kobar cinta kedamaian,” ucapnya.

BACA JUGA:   Ini Pesan Penjabat Bupati Kobar Kepada 510 Petugas Kebersihan yang Telah Membawa Kembali Piala Adipura ke XIII

Pj Bupati juga mengharapkan, agar seluruh desa /Kelurahan se Kobar bisa termotivasi apa yang telah di lakukan oleh desa Pasir Panjang. Desa yang kental dengan budaya lokal dan bisa hidup berdampingan dengan masyarakat lainnya.

“Untuk kedatangan Menparekraf ke desa Pasir Panjang ini, harus kita persiapkan sebaik mungkin, dalam waktu dekat ini akan kita gelar rapat koordinasi, untuk membahas persiapan, mulai dari penyambutan di bandara hingga di titik titik yang ada di kunjungi, kami pemerintah daerah sangat mendukung dan siap memback up,” ujar Budi Santosa.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Kobar Wahyudi menjelaskan, awalnya tim penilai akan datang pada tanggal 27 Mei 2023, akan tetapi di tunda, bahkan pihaknya mendapatkan informasi bahwa piagam Anugerah Wisata Desa Indonesia tahun 2023 akan serahkan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hanya untuk tanggal kunjungan belum didapat, hanya perihal kunjungan itu sudah pasti.

BACA JUGA:   Satlantas Polres Kobar Jaring 88 Sepeda Motor Terlibat Bali

“Dalam penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia tahun 2023 ini ada beberapa poin yakni Daya tarik wisata, Souvenir, Home Stay dan toilet, digitalisasi dan kreatif dan kelembagaan yang mengelola. Alhamdulillah kelima poin itu telah di miliki desa Pasir Panjang, sehingga Desa Pasir Panjang masuk 75 besar sebagai Desa Wisata Indonesia,” ujar Wahyudi.

Wahyudi juga menyampaikan, bahwa masyarakat desa Pasir Panjang begitu antusias dan semangat dengan adanya penilaian tersebut sehingga dengan semangat gotong royong, semua poin penilaian terpenuhi.

“Kami pun memberikan motivasi kepada desa Pasir Panjang, disini begitu unik untuk di kunjungi wisatawan baik lokal maupun asing, sebab destinasi wisata di desa Pasir Panjang ini lengkap selain ada destinasi wisata budaya juga terhadap destinasi wisata alam,” pungkasnya. (Man)