BUMD Akan Menjadi Mesin Penggerak PAD Jika Dikelola Dengan Maksimal

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Kalteng Jimmy Carter.

PALANGKA RAYA – Wakil Ketua II DPRD Kalteng Jimmy Carter meminta kepada pemda terutama provinsi supaya dapat lebih optimal dalam mengelola Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang ada.

Ia mengatakan, apabila BUMD dikelola dengan maksimal maka itu akan menjadi mesin penggerak pendapatan asli daerah (PAD). PAD penting untuk terus ditingkatkan agar pembangunan di wilayah provinsi ini bisa terus dilaksanakan.

“Anggaran untuk pembangunan itu diantaranya berasal dari PAD, jadi itu penting untuk diperhatikan. BUMD salah satu yang menghasilkan bagi daerah, oleh karena itu BUMD yang kita miliki harus dikelola dengan baik,” katanya, Kamis 1 Juni 2023.

BACA JUGA:   Anggota DPRD Kalteng Apresiasi Kepolisian Ungkap Kasus Pencurian Pecah Kaca Mobil

Dia menjelaskan bahwa, daerah ini harus bisa mencontohkan provinsi lain yang mampu optimal dalam mengelola BUMD mereka, misalnya saja seperti Kalimantan Selatan (Kalsel), di mana BUMD yang provinsi itu miliki mampu menjadi mesin penggerak PAD.

Jimmy meyakini apabila BUMD yang dimiliki Kalteng juga dikelola dengan baik maka hal yang sama pun dapat dirasakan oleh daerah ini. BUMD diharapkan juga bisa terus berinovasi menciptakan anak-anak perusahaan yang dapat memberikan manfaat bagi peningkatan PAD.

BACA JUGA:   Pembangunan Jaringan Listrik di Wilayah Kalteng Agar Dikebut

“Pastinya kita akan selalu mendukung apa yang dilakukan oleh pemda, kita tidak perlu gengsi belajar dari daerah lain yang sudah baik mengelola BUMD-nya. Harapan kita BUMD di Kalteng ini bisa terus maju serta bermanfaat bagi daerah terutama meningkatkan PAD,” pungkasnya. (Hardi).