Bupati Gunung Mas Harap Kades Teliti dan Cermat Menyusun APBDes

MUHAMMAD SALEH/BERITA SAMPIT – Bupati Gunung Mas Jaya Samaya Monong.

KUALA KURUN – Bupati Gunung Mas, Kalimantan Tengah Jaya Samaya Monong mengharapkan kepada kepala desa (Kades) untuk bisa menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) agar lebih teliti, cermat dan berhati-hati.

“Karena hal ini masih ada beberapa desa dalam menyusun Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (RAPDes) yang belum sesuai dengan skala prioritas pembangunan di desa, ada pula yang belum sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” ungkap Jaya Samaya Monong, Kamis 31 Mei 2023.

Lebih lanjut dikatakannya, pemerintah telah berkomitmen untuk hadir dan melindungi posisi desa dalam rangka mewujudkan tatanan pemerintah desa yang lebih kokoh dan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat di desa guna menuju masyarakat desa yang adil, makmur dan sejahtera.

Dikatakan dia bahwa, dalam undang-undang desa telah membuka jalan luas yang terbentang guna menuju desa yang bertenaga secara sosial, berdaulat secara politik, berdaya secara ekonomi dan berbudaya.

“Kita tentunya bangga apabila desa-desa di Kabupaten Gunung Mas yang kita cintai ini masyarakatnya maju, aman, tentram dan sejahtera, karena kepala desa dan BPD mampu bekerja sama dengan baik,” tuturnya.

“Saya harapkan pemerintah desa dan BPD agar benar-benar menyusun perencanaan dengan baik, agar menggunakan dana Alokasi Dana Desa maupun dana desa secara efektif, efisien dan tepat sasaran, kelola lah keuangan desa dengan benar dan penuh tanggung jawab dan tepat waktu,” tutup Jaya Samaya Monong. (Ale).