Dewan Minta Disdik Lakukan Pemetaan Sarpras Pendidikan Sekolah

AHMAD/BERITA SAMPIT - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Zuli Eko Prasetyo.

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) agar melakukan pemetaan terkait kebutuhan sarana dan prasarana (sarpras) pendidikan yang ada di seluruh sekolah di wilayah setempat.

Ketua DPRD Seruyan Zuli Eko Prasetyo mengatakan, khususnya untuk sekolah-sekolah yang memang menjadi kewenangan dari kabupaten, seperti Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

“Maksud saya seperti ini, Disdik itu harus menghitung berapa anggaran yang digelontorkan untuk belanja pegawai dan berapa anggaran yang untuk pendukung sarpras, dan nanti dilihat berapa anggaran yang kurang,” katanya, 1 Juni 2023.

Dia meyakini bahwa Disdik memiliki data mengenai kebutuhan sarpras dan sekolah-sekolah yang memang tidak memenuhi syarat, baik itu dari daerah hilir hingga ke hulu.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Sehingga, dia berharap agar Disdik membuat pemetaan mengenai program pemenuhan sarpras di sekolah-sekolah. “Kalau kita sudah tahu berapa kurangnya, kita bisa anggarkan untuk tahun-tahun berikutnya,” ujarnya.

Dan kalau memang dari anggaran yang ada tidak mencukupi, maka hendaknya dilakukan penambahan. “Anggaran Disdik itukan minimal 20 persen dari APBD. Ya kalau memang nanti masih kurang kita tambah, tapi harus jelas peruntukkannya,” imbuhnya.