Dispora-PBVSI Kalteng Gelar Kejurnas Bola Voli Antar Klub

IST/BERITA SAMPIT - Suasana rapat bersama panitia Kejurnas bola voli antar klub

PALANGKA RAYA – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalteng bekerjasama dengan Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kalteng menggelar Kejuaraan nasional (Kejurnas) bola voli antar klub, yang dipusatkan di Palangka Raya.

Ketua panitia pelaksana Adi Nur Fajar menyampaikan, Kejurnas bola voli digelar dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalteng sekaligus juga bertepatan dengan HUT Bhayangkara. Kegiatan tersebut mendapatkan dukungan penuh dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran bersama wakil Gubernur Edy Pratowo.

“Dengan adanya kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Kalteng mengharapkan jadi motivasi untuk kebangkitan prestasi olahraga di Kalteng dari macam-macam olahraga yang ada di Kalteng . Ini salah bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Kalteng semoga nanti kedepannya khususnya bola voli nanti bisa berprestasi di nasional bahkan internasional,” kata Adi, Rabu 31 Mei 2023 kemaren, usai melaksanakan rapat bersama panitia, di kantor Dispora, Jalan Katamso.

Ia juga menjelaskan, tim yang sudah mendaftarkan diri 11 tim putra dan 5 tim putri. Target panitia 12 tim putra dan 12 tim putri. Tim lain masih dalam tahap konfirmasi. Untuk informasi pendaftaran, dapat menghubungi panitia, Martion (085348855907).

BACA JUGA:   Ketua TP PKK Kalteng Gelar Pengajian, Hadirkan Penceramah Ustaz Maulana

Panitia juga sudah menyiapkan hadiah fantastis bagi tim juara berupa medali dan piala, serta uang tunai Rp 580 juta untuk tim putra dan putri dengan rincian juara pertama Rp 100 juta, juara kedua Rp80 juta, juara ketiga Rp 60 juta dan juara keempat Rp 50 juta.

Untuk perangkat pertandingan, Dispora bekerjasama dengan Pengprov PBVSI, menggunakan Sumber Daya Manusia (SDM) dari Kalteng dan juga Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) dengan jumlah 60 orang terdiri dari wajit, juri, hakim garis, ball boy, pel lapangan dan lainnya.

Adi Nur Fajar menambahkan, persiapan untuk melaksanakan kegiatan ini sudah 80 persen. Hal-hal yang berkaitan dengan peralatan pertandingan sudah disiapkan. Kemudian untuk teknis pertandingan juga sudah tidak ada masalah, termasuk panitia sudah terbentuk dan sudah rapat koordinasi beberapa kali.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Pihaknya juga diberikan arahan untuk terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar dapat menikmati even nasional di ibu Kota Kalteng itu.

Adi menambahkan, ada beberapa hal yang perlu benahi dan dimaksimalkan lagi seperti pengecatan lapangan. Tempat pelaksanaan sport Indoor Jalan Tjilik Riwut Km 5,5, dari 18 Juni sampai 25 Juni 2023, dimana babak penyisihan mulai digelar, kemudian pada Senin 19 Juni 2023 dan babak final Minggu 25 Juni 2023.

“Semoga dengan keinginan Pemprov Kalteng, semangat pa Gubernur dan Wakil Gubernur, dapat terus meningkatkan olahraga di Kalteng,” lugasnya.

Dari hasil informasi awal, sejumlah Tim yang sudah mendaftarkan tidak hanya dari Kalteng, tapi juga dari luar. Seperti Surabaya Samator, MWL Ciamis, JVC Jakarta, CJDW Kutai Timur Kaltim, DKI Jakarat, Bartim, Kotim, Sukamara, Bhayangkara Polda kalteng, Pulang Pisau, Dinas kehutanan Provinsi Kalteng. Kemudian untuk tim putri, Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, vini vidi vici Kaltim, DKI Jakarta, Sylva Sukabumi dan TNI AL. (Hardi)