DPRD Katingan Minta Dinas PUPR Segara Bangun Median Jalan di Lokasi Ini

BITRO/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah

KASONGAN – Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Katingan, Nanang Suriansyah meminta Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) secepatnya membangun median jalan sebagai pembatas jalan, di Jalan Tjilik Riwut Km 2 arah Kasongan-Palangka Raya.

Menurutnya kegiatan itu dilanjutkan pada tahun 2023 ini, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2023.

Menurut Nanang, di tahun 2022 yang lalu median jalan dibangun di Jalan Tjilik Riwut KM 4 Kasongan. Tepatnya, di sekitar pertigaan atau simpang tiga antara Kasongan menuju Kota Palangka Raya dan jalan Soekarno Hatta (Depag), dengan panjang median sekitar 400 meter.

BACA JUGA:   Dewan Minta PPPK Tingkatkan Kinerja dari Mutu Pendidikan dan Kesehatan di Katingan

“Sedangkan yang akan dibangun pada tahun 2023 ini di jalan Tjilik Riwut KM 2. Tepatnya di sekitar depan SPBU dengan panjang median 400 meter,” ungkap Waket DPRD kabupaten Katingan, Nanag Suriansyah, Kamis 1 Mei 2023.

Selain itu, dirinya tujuan dibangunnya median jalan tersebut, untuk memgurangi dan mengantisipasi angka kecelakaan lalulintas di sekitar jalan tersebut, juga menata dan mempercantik kota Kasongan sebagai ibu kota hijau.

BACA JUGA:   Dewan Minta Dinas Terkait Perhatikan PJU di Jalan Tjilik Riwut dan Ahmad Yani Kasongan

Dijelaskan Nanang Pembangunan media jalan ini, rencananya seluruh jalan Tjilik Riwut yang sudah diperlebar, yaitu dari KM 1 hingga KM 10 arah Kasongan – Palangka Raya. Namun, Sehingga pembangunannya dilaksanakan secepatnya.

“Diantaranya di jalan Tjilik Riwut KM 4 dan KM 2 tersebut,” tukasnya.

Ia juga menyebutkan ada lima titik jalan yang diajukan untuk dibangunnya median jalan dimaksud, namun yang dipilih untuk tahap ini adalah jalan Tjilik Riwut KM 4 dan KM 2 tersebut.

“Pasalnya, ke dua titik jalan tersebut rentan kecelakaan lalulintas,” pungkasnya.(Bitro)