Kemenag Kalteng Prioritaskan Jamaah Calon Haji Lansia

IST/BERITA SAMPIT - Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Kalteng Noor Fahmi saat mengantar jamaah calon haji kloter BDJ 3 di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

PALANGKA RAYA – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Kalteng Noor Fahmi menyampaikan, pihaknya akan memprioritaskan Jamaah Calon Haji (JCH) yang lanjut usia (lansia).

“Untuk jamaah calon haji Lansia, pihak Kemenag Kalteng akan menyiapkan semua kebutuhan mulai dari petugas kesehatan, fasilitas kursi roda dan lain sebagainya,” katanya saat mengantar jamaah calon haji kloter BDJ 3 di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin, dikutip di Palangka Raya, Kamis 1 Juni 2023.

Ia menjelaskan, tagline haji tahun 2023 ini adalah Haji Ramah Lansia untuk itu mereka dijadikan prioritas. “Dari Kemenag pusat hingga kami di daerah, sejauh ini berupaya terus memaksimalkan persiapan penyelenggaraan ibadah haji,” jelasnya.

Dia menyebut koordinasi, sinkronisasi dan komunikasi dengan semua pihak intensif dilakukan demi keberhasilan pelaksanaan ibadah haji Tahun 2023/1444 H.

BACA JUGA:   Penyusunan Rancangan RKPD Tahun 2025 Menjadi Tolak Ukur Keberhasilan Pembangunan Kalteng

Lebih lanjut dikatakannya, kouta jamaah haji Kalimantan Tengah tahun ini sebanyak 1.612 yang terbagi menjadi lima kloter yaitu kloter 3 sampai dengan kloter 7.

“Untuk kouta tambahan 800 jamaah, Kalteng mendapat 98 kouta tambahan,dan ini dalam proses pelunasan,” lugasnya.

Terkait dengan jamaah lansia, dari 1.612 jamaah calon haji Kalteng terdapat 81 Jamaah calon haji lansia.

“Jamaah calon haji tertua ada di kloter BDJ 04 (95 tahun 10 bulan) dan termuda ada di kloter BDJ 03 (18 tahun 7 bulan),” ujarnya.

Jumlah jemaah haji yang diberangkatkan pada kloter 3 sebanyak 327 jemaah dari rencana 328 karena satu jamaah haji atas nama Marlan Bejo Noyo dinyatakan tidak laik terbang karena penyakit paru akut.

BACA JUGA:   Genangi Sejumlah Pemukiman, Pemko Palangka Raya Tetapkan Tanggap Darurat Banjir

Dengan didampingi lima orang petugas Kloter yang terdiri dari Ketua Kloter atas nama Ardiansyah, Pembimbing Ibadah atas nama Misbah, Dokter Kloter atas nama dr. Eka Prasepti dan dua orang paramedis atas nama Sayid Mulyo Widodo dan Bheta Reunita Sabito dan Petugas Kloter akan dibantu oleh tiga Petugas Haji Daerah (PHD) atas nama Akhmad Supriadi, Untung Surapati dan Sri Linlin.

Jemaah Kloter 3 diterbangkan dari Bandara Syamsudinnor pada 1 Juni 2023 pukul 08.00 WITA dengan menggunakan pesawat Airbus 330 Garuda Indonesia dengan Nomor Flight GA 8103. (Hardi).