Gelar Study Tour, 88 Pelajar SMAN 2 Kasongan Kunjungi Vihara dan Museum

IST/BERITA SAMPTI - Para pelajar SMAN 2 Kasongan saat melakukan kunjungan ke salah satu vihara di kota Palangka Raya

KASONGAN – Sebanyak 88 orang siswa kelas X SMAN-2 Kasongan melakukan study tour atau kegiatan wisata yang dilakukan dengan tujuan untuk menambah dan menumpuk pengetahuan para pelajar.

Kegiatan itu dilaksanaan bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila, Kamis 1 Juni 2023 kemaren, Studi tour tersebut didampingi oleh beberapa guru mata pelajaran Sejarah yang dikoordinir oleh Eka Olivia.

Dia menjelaskan kegiatan ini merupakan pembelajaran lapangan secara langsung guna untuk mengetahui sejarah lokal Kalimantan Tengah ke beberapa tujuan di wilayah kota Palangka Raya, yaitu Vihara Avalokitakeswara, Museum Balanga, Pura Pitamaha, dan terakhir ke Rumah Pahlawan sekaligus Resto dan Gallery Tjilik Riwut.

“Tujuan kegiatan studi lapangan ini agar siswa tidak hanya belajar dan mengetahui cerita sejarah dari buku-buku teks pelajaran maupun dari artikel di internet, tetapi bisa mengunjungi langsung ke lokasi-lokasi atau obyek wisata sejarah,” ungkap Eka Olivia yang juga salah satu guru di sekolah bergengsi di Kota Kasongan tersebut.

BACA JUGA:   Jelang Idul Fitri, Pj Bupati Katingan Lakukan Sidak di Pasar Tradisonal Pegatan

Dia menambahkan kegiatan ini juga sebagai bentuk nyata implementasi dari kurikulum merdeka dan merdeka belajar di mana saja, kapan saja, dan bersama siapa saja untuk memperoleh berbagai pengetahuan, wawasan serta kecakapan hidup.

Dalam kegiatan studi lapangan ini, baik siswa dan guru mendampatkan pengalaman dan wawasan mengenai  sejarah lokal keberadaan rumah ibadah pemeluk agama Hindu dan agama Buddha, sejarah budaya suku Dayak di Kalimantan Tengah, maupun kiprah dan perjuangan tokoh pahlawan nasional kebanggaan masyarakat Kalimantan Tengah, yaitu Tjilik Riwut.

“Kegiatan studi lapangan kesejarahan ini sangat bagus dan menarik bagi siswa yang ditunjukkan dengan semangat para siswa yang sangat tinggi dan aktif dalam acara diskusi dan tanya jawab dengan para pengurus pura dan vihara. Sejumlah siswa juga memperoleh bingkisan dari pengelola resto dan gallery Tjilik Riwut karena berhasil menjawab kuis seputar Tjilik Riwut,” jelasnya.

BACA JUGA:   Rayakan HUT Damkar dan Satlinmas, Sekda Sebut Dua Lembaga yang Berkontribusi Besar untuk Masyarakat
IST/BERITA SAMPTI – Para pelajar SMAN 2 Kasongan saat melakukan kunjungan ke salah satu vihara di kota Palangka Raya

Di tempat yang sama Resa Nabila salah satu siswa kelas X, mengukapkan perasaan gembira dan mendapat pengalaman yang berharga setelah mengikuti kegiatan studi lapangan tersebut.

“Sulit untuk mendeskripsikan seperti apa ungkapan bahagianya saya disaat study tour kemaren, sensasinya benar-benar luar biasa ketika bisa belajar sambil jalan-jalan berkeliling Palangka Raya mengetahui dan mempelajari lebih dalam lagi mengenai sejarahnya Vihara Avalokitesvara Buddhayana dan Pura Pitamaha. Terlebih lagi bisa lebih banyak berinteraksi maupun toleransi dengan orang yang telah menganut agama tersebut. Suatu hal yang tidak akan pernah terlupakan,” cerita Resa siswi kelas XE-2.

(KAWIT)