Pemkab Lamandau Laksanakan Sensus Pertanian 2023

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

NANGA BULIK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau melaksanakan kegiatan sensus pertanian 2023, yang dilaksanakan Badan Pusat Statistik (BPS). Kegiatan akan berlangsung dari 1 Juni 2023 hingga 31 Juli 2023.

Bupati Lamandau Hendra Lesmana menjelaskan, sensus pertanian pertama kali dilaksanakan pada tahun 1963 dan sudah yang ke-7 kalinya dilaksanakan sensus pertanian.

“Tahun 2023 ini, ada sebanyak 17 negara yang akan melakukan sensus pertanian,” kata Hendra di Nanga Bulik, Jumat, 2 Juni 2023.

BACA JUGA:   Antisipatif Penyalahgunaan Senjata Api Dinas, Kapolres Lamandau Gelar Pemeriksaan

Saat pencanangan sensus ekonomi, lanjut dia, Presiden RI menyatakan bahwa sektor pertanian ini sangat penting, sebab melibatkan hajat hidup orang banyak sehingga akurasi data sangat diperlukan untuk menghasilkan akurasi kebijakan.

Ia menambahkan, jika hal ini telah sesuai dengan data yang menunjukkan bahwa sektor pertanian menyerap tenaga kerja tertinggi yaitu mencapai 29,36% tenaga kerja pada Februari 2023.

Oleh karena itu, hasil pendataan yang berkualitas dan bermanfaat menjadi harga mati untuk mencapai kualitas dan kebermanfaatan data yang diharapkan. Sehingga nantinya dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam mengambil kebijakan.

BACA JUGA:   Tingkat Kejahatan di Kabupaten Lamandau Turun Drastis

Dia berharap, pertanian dan kesejahteraan petani akan terus bertumbuh, guna mewujudkan harapan itu tentu diperlukan data pertanian berkualitas yang dikumpulkan melalui ST2023.

Hendra juga berpesan kepada para petugas pendataan ST2023 agar melaksanakan tugas yang diemban dengan penuh semangat dan tanggungjawab.

“Karena apa yang dikerjakan ini akan sangat berguna bagi bangsa dan negara,” pungkasnya. (Andre).