Pemkab Lamandau Raih Peringkat II Dalam Penilaian Kinerja dan Inovasi Stunting Tahun 2023

IST/BERITA SAMPIT - Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Lamandau, Meigo Basel saat menerima peringkat terbaik kedua se-Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam penilaian kinerja dan inovasi stunting tahun 2023 di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng.

NANGA BULIK – Dalam upaya mengurangi stunting, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau berhasil meraih peringkat terbaik kedua se-Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam penilaian kinerja dan inovasi stunting tahun 2023.

Peringkat diperoleh setelah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng mengumumkan hasil penilaian Kabupaten/Kota dan pameran inovasi stunting tahun 2023, di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalteng.

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Lamandau, Meigo Basel menjelaskan, penilaian tersebut untuk mengukur tingkat kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota se-Kalteng.

“Diantaranya dalam pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting, memastikan akuntabilitas, mengevaluasi, serta mengapresiasi kinerja Pemda/Pemkot se-Kalteng,” terang Meigo saat dikonfirmasi, Jumat 2 Juni 2023.

Sementara, Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng, Edy Pratowo mengungkapkan bahwa percepatan penurunan angka stunting menjadi salah satu agenda prioritas nasional dan daerah termasuk Kalteng, guna mempercepat pembangunan Sumber Daya Manusia yang cerdas, sehat, dan berdaya saing.

“Mengingat masalah stunting dapat menjadi penghambat dari pembangunan manusia Indonesia yang cerdas dan produktif,” ungkapnya.

Karena hal itu, lanjut dia, maka dalam pelaksanaannya diperlukan sebuah penilaian kinerja untuk mengevaluasi pelaksanaan delapan aksi konvergensi penurunan stunting dengan menggunakan instrumen penilaian berdasarkan indikator dan periode waktu yang ditetapkan.

Adapun penilaian dilaksanakan dalam dua tahap yaitu tahap pertama presentasi kinerja oleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) sekaligus tanya jawab secara daring (zoom) dan tahap kedua TPPS 14 hadir muka secara luring untuk dinilai lansung melalui wawancara, verifikasi, klarifikasi dan eksebisi display Inovasi dari satgas TPPS Provinsi.

Diketahui, dari hasil penilaian tersebut Kabupaten Lamandau meraih Peringkat Terbaik II, dengan peringkat terbaik I diraih oleh Kabupaten Kotawaringin Timur dan peringkat terbaik III diraih oleh Kabupaten Gunung Mas. (Andre).