Polres Gunung Mas Sambangi Situs Budaya Tambun Bungai 

IST/BERITA SAMPIT - Kapolres  Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra saat foto bersama di depan cagar budaya situs Tambun Bungai. 

KUALA KURUN – Jajaran Polres Gunung Mas, Kalimantan Tengah mengunjungi situs budaya Tambun Bungai  yang ada di Desa Tumbang Pajangei, Kecamatan Tewah Kabupaten Gunung Mas, Jumat 2 Juni 2023.

Kapolres Gunung Mas AKBP Asep Bangbang Saputra menyampaikan, situs Budaya Tambun Bungai merupakan Ikon dari Provinsi Kalimantan Tengah.

Oleh sebab itu, sambung dia, situs cagar budaya ini harus mendapat perhatian yang lebih besar lagi, agar bisa menjadi tujuan objek wisata religi yang unggulan di wilayah ini.

“Situs cagar budaya merupakan sejarah yang sangat perlu untuk terus dilestarikan, sehingga bisa dikenal masyarakat luas. Terlebih bagi para generasi muda yang ada di Kabupaten Gunung Mas ini,” ungkapnya.

Sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap situs budaya tersebut, Kapolres beserta jajarannya melalukan bersih-bersih sekitar areal monumen dan komplek dari situs tersebut.

“Ini merupakan bentuk nyata kepedulian kami terhadap budaya yang ada disini, kami berharap dengan adanya kegiatan seperti ini dapat juga menggugah bentuk kepedulian dari generasi muda yang ada, agar lebih mencintai budaya dan melestarikannya,” tutup AKBP AsepBangbangSaputra. (Ale)