Waka II DPRD Seruyan Minta Pemkab Dorong Kesadaran Masyarakat Bayar Pajak dan Retribusi

IST/BERITA SAMPIT - Wakil Ketua II DPRD Seruyan M Aswin.

KUALA PEMBUANG – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan meminta kepada pemerintah daerah melalui dinas terkaitnya untuk terus melakukan upaya serta langkah-langkah dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Wakil Ketua II DPRD Seruyan M. Aswin mengatakan, salah satu upaya yang bisa dilakukan yakni menggugah kesadaran masyarakat untuk taat dalam membayar retribusi dan pajak.

“Berkaitan dengan PAD, OPD terkait harus terus melakukan upaya agar penerimaannya terus meningkat dan dapat memenuhi target yang sudah ditetapkan. Salah satunya mungkin adalah dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar pajak maupun retribusi daerah,” katanya, Kamis 1 Juni 2023.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif

Ia menjelaskan, bahwa pajak dan retribusi merupakan salah satu sektor potensial untuk meningkatkan PAD. Dan diperlukan langkah-langkah strategis agar potensi pada sektor tersebut dapat tergali dengan maksimal.

Menurutnya, salah satu langkah yang bisa dilakukan oleh pemerintah daerah yakni melibatkan pemerintah desa untuk mendorong peningkatan kesadaran masyarakat tersebut.

“Karena desa itukan biasanya yang paling tahu kondisi masyarakat. Berikan semacam stimulus atau dorongan kepada mereka agar melakukan pendekatan kepada masyarakat atau wajib pajak,” pungkasnya.

BACA JUGA:   Susun Jadwal, DPRD Gelar Banmus bersama Eksekutif