Dua Lahan di Kabupaten Katingan Terbakar 

IST/BERITA SAMPIT - Petugas gabungan memadamkan api yang membakar lahan di wilayah Katingan.

KASONGAN – Tim gabungan  dari TNI, Polri, BPBD Kabupaten Katingan, dan UPT KPHP Katingan Hulu, berhasil memadamkan api akibat kebakaran lahan.

Kebakaran diketahui pada hari Jumat 2 Juni 2023 sore, di dua tempat yaitu lahan di wilayah Desa Hapalam dan di Desa Tumbang Tarusan, Kecamatan Tewang Sangalang Garing, Kabupaten Katingan.

Upaya pemadaman sempat terkendala lokasi yang sulit dijangkau, serta tebalnya lahan gambut, ungkap Kapolsek Tewang Sangalang Garing dan Pulau Malan, Ipda Didik Suhardianto, Sabtu 3 Juni 2023 pagi.

BACA JUGA:   Penyuluh Agama dan Anggota Asosiasi Keagamaan Diharapkan Mampu Jalankan Tugas

Kapolsek memaparkan lahan yang terbakar berada di lokasi tanah gambut tebal, terdapat tanaman pakis dan semak-semak kering serta tanaman sawit milik masyarakat yang mudah terbakar.

Dengan kesigapan dari Tim Gabungan serta peralatan yang mumpuni, api berhasil dipadamkan, dan telah dilakukan pendinginan sehingga tidak semakin meluas dan tidak menjadi ancaman terutama bagi warga setempat.

BACA JUGA:   Rumah Warga di Kasongan Disatroni Maling Saat Lagi Sepi

“Kasus pembakaran lahan ini masih dalam penyelidikan dan kami akan buru pelakunya, serta kami meminta kepada masyarakat agar tidak melakukan pembakaran hutan maupun lahan, dampak negatifnya sangat luas dan tentu ada sanksi pidana bagi pelaku,” tegasnya.(Bitro)