Menteri Perdagangan: Bahan Pangan di Palangka Raya Banyak dan Tersedia

IST/BERITA SAMPIT - Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan saat memantau harga bahan pokok di Palangka Raya.

PALANGKA RAYA – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah, Nuryakin dampingi Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan melakukan pemantauan harga bahan pokok di Palangka Raya, bersama dengan Tim Satuan Tugas (Satgas) Ketahanan Pangan dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kalteng, yang dipusatkan di Pasar Besar Palangka Raya, Sabtu 3 Juni 2023.

Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa ketersediaan bahan pangan di Palangka Raya banyak dan tersedia, tetapi ada beberapa yang mengalami kenaikan harga salah satunya adalah daging ayam.

BACA JUGA:   Permas Palangka Raya Adakan Kegiatan Silahturahmi dan Buka Bersama

“Saya kira tidak apa-apa harganya naik, karena sudah hampir tiga bulan terakhir daging ayam itu harganya di bawah dan peternak ayam berbulan-bulan rugi,” ucapnya.

Lebih lanjut ia menyebut, karena harga patokan ayam Rp. 36.000, tapi selama ini dijual dengan harga Rp32.000 di pasar dan sekarang harga ayam agak mahal yakni Rp. 47.000 sampai Rp. 49.000.

BACA JUGA:   Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga, Yuas Elko: Upaya Stabilisasi Harga Pangan Jelang Hari Besar

“Penyebabnya akan dipelajari dulu, dan selama dua pekan ke depan harga akan terus dipantau oleh pemerintah,” jelasnya.

Sedangkan untuk harga telur ayam ras Rp. 32.000 per kg, bawang rata-rata antara Rp. 40.000 sampai Rp. 45.000 dan cabe Rp. 45.000 sampai Rp. 50.000 relatif normal. (Hardi).