Bupati Kotim Resmikan Masjid Nurul Huda di Desa Luwuk Ranggan

IST/BERITA SAMPIT- Bupati Kotim, Halikinnor saat meresmikan Masjid Nurul Huda di Desa Luwuk Ranggan.

SAMPIT – Bupati Kotawaringin Timur Halikinnor resmikan Masjid Nurul Huda di Desa Luwuk Ranggan, Kecamatan Cempaga yang diharapkan menjadi pusat dakwah, pendidikan dan ibadah bagi masyarakat sekitar.

Halikinnor menyampaikan Masjid Nurul Huda ini cukup megah untuk ukuran desa, ia mengharapkan bukan hanya sebagai tepat ibadah tapi juga dijadikan sebagai pusat pendidikan,dakwah dan syiar Islam sebagai tempat strategis dalam perkembangan peradaban Islam.

“Masjid bukan hanya tempat menunaikan ibadah sholat, tetapi juga berperan sebagai pusat pendidikan dan penyebar syiar Islam dan sebagai tempat untuk membangun ekonomi, masyarakat yang bahu-membahu, tolong-menolong dan bekerja sama dalam membangun kesejahteraan,” ujar Halikinnor pada Sabtu, 3 Juni 2023.

Halikinnor memberikan apresiasi dan penghargaan, ia menilai keberadaan tempat ibadah ini berkat kerjasama, partisipasi, dan kolaborasi dari seluruh masyarakat yang aktif dalam pembangunan masjid selama ini

“Saya menyampaikan selamat dan penghargaan kepada panitia dan masyarakat setempat yang berperan aktif dalam pembangunan masjid ini,” tuturnya.

Dijelaskan Pemerintah daerah sempat memberikan bantuan kepada Masjid Nurul Huda ini 2021 dan berencana memberikan bantuan kembali senilai Rp 100 juta karena kebutuhan pembangunan masjid masih sekitar Rp 500 juta.

“Karena perlu pengurukan, perlu pagar, pembenahan, termasuk pengadaan toilet dan tempat duduknya,” lanjutnya.

Menurutnya, pembangunan tempat ibadah ini tidak pernah usai. Secara fisik pembangunan masjid dikatakan selesai, namun kebutuhan akan lebih besar sesuai perkembangan zaman. Untuk itu ia sebut pembangunan tempat ibadah merupakan tanggung jawab umat. Pemerintah hanya sebagai stimulan.

“Kita membantu semua keagamaan di Kotim. Tetapi sesuai dengan proposional agama islam lebih besar di daerah ini. Agama yang lain kita membantu setiap tahun,” pungkasnya. (Ibra)