Bupati Kotim Sebut Motor Listrik Karya SMK Negeri 1 Cempaga Kurangi Emisi di Udara 

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Kotim saat meresmikan sepeda motor listrik karya siswa SMK Negeri 1 Cempaga.

SAMPIT – Siswa SMK Negeri 1 Cempaga, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) Kalimantan Tengah (Kalteng) berhasil mengkonversikan sepeda motor berbahan bakar BBM menjadi berbahan bakar listrik.

Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor yang turut hadir langsung dalam acara peluncuran sepeda motor karya siswa SMK Negeri 1 Cempaga itu merasa sangat bangga karena dapat mengurangi gas emisi di udara.

“Inovasi ini sebagai bentuk mengurangi gas emisi dari penggunaan BBM karena kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi berbahaya,” kata Halikin, Minggu 4 Juni 2023.

Emisi merupakan hasil dari pembakaran bahan bakar minyak dan sangat berbahaya bagi atmosfer bumi, menyebabkan global warming, perubahan iklim serta memicu cuaca ekstrem, dan berdampak buruk bagi bumi.

Dirinya sangat mengapresiasi SMK Negeri 1 Cempaga, walau sekolah yang jauh dari pusat kota namun tetap mampu membuat inovasi dan kreatif menghasilkan karya yang bermanfaat.

Ia berharap agar motor listrik tersebut terus dikembangkan kedepannya dan menjadi motivasi bagi siswa-siswi lainnya di Kotim untuk menghasilkan karya.

Peresmian dilaksanakan di Desa Luwuk Ranggan bersamaan peresmian Masjid Nurul Huda dan halal bihalal dengan masyarakat setempat. Motor ramah lingkungan itu diberi nama SAGA EV.

“SMK Negeri 1 Cempaga luar biasa bisa menciptakan motor bebas emisi, dan diharapkan dapat terus dikembangkan karena sesuai dengan program pemerintah untuk mengurangi emisi di udara dan kendaraan listrik itu bebas emisi,” pungkasnya. (Nardi)