Melalui Gerakan Aku Hatinya PKK, Ketua PKK Kobar Ajak Masyarakat Manfaatkan Pekarangan 

MAN/BERITA SAMPIT - Ketua PKK Kobar Hj. Harli Saparia Budi Santosa bersama suami tercinta didampingi kepala Dinas Pertanian Kobar Kris Budiastuti saat panen cabe di kebun percontohan TP PKK Kobar. 

PANGKALAN BUN – Dalam rangka memperkuat ketahanan pangan keluarga, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Kotawaringin Barat Dra. Hj. Harli Saparia Budi Santosa, mengajak masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumahnya, hal itu juga tertuang dalam salah satu program unggulan PKK yakni “Aku Hatinya PKK”.

“Salah satu program unggulan PKK adalah program Aku Hatinya PKK yang merupakan singkatan dari Amalkan dan Kukuhkan Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman,” kata Istri Pj Bupati Kobar, Sabtu 3 Juni 2023,  dalam kegiatan Lounching kebun percontohan TP PKK Kobar.

Dimana menurutnya,, program Aku Hatinya PKK ini merupakan bagian dari program penguatan ketahanan pangan keluarga, dan melalui gerakan Aku Hatinya PKK diharapkan masyarakat dapat secara sadar mengelola pekarangan atau halaman rumahnya agar asri, teratur sehingga terlihat indah dan menciptakan kenyamanan bagi penghuninya.

BACA JUGA:   Penjabat Bupati Kobar: Sekda Harus Mampu Sebagai Koordinator, Regulator, Fasilitator dan Evaluator Serta Inspirator Sekaligus Motivator

Lanjutnya, dengan gerakan bersama ini diharapkan akan semakin memberikan kesadaran kepada masyarakat arti pentingnya keasrian, keteraturan, keindahan dan kenyamanan, yang nantinya dapat diimplementasikan dengan memanfaatkan setiap jengkal tanahnya untuk ditanami dengan tanaman-tanaman produktif, tanaman obat, tanaman hias dan tanaman lainnya yang dapat memberikan nilai ekonomi tinggi.

“Pekarangan yang dimiliki hampir setiap keluarga, dapat dimanfaatkan atau berfungsi sebagai Lumbung Hidup, yaitu pekarangan ditanami dengan tanaman yg mengandung karbohidrat (umbi-umbian, jagung dll.) secara segar,  selain itu di manfaatkan sebagai Warung Hidup,Apotek Hidup, Peternakan maupun Perikanan, yang kesemuanya tentunya bisa memenuhi kebutuhan keluarga dan dapat juga menambahkan penghasilan bagi keluarga, ” ucap Hj.Harli Saparia

“Begitu besarnya manfaat dari pekarangan Lestari ini, untuk itu kami mengajak  masyarakat harus kreatif dalam memanfaatkan lahan pekarangan untuk ketahanan pangan keluarga, dengan  demikian tidak selamanya harus menjadi konsumtif dengan melakukan pembelian, tetapi bisa mandiri dengan pemanfaatan pekarangan yang ada, ” imbuhnya.

BACA JUGA:   Hati-Hati Jalan di Sekitar Perkebunan Sawit, Banyak Ular Cobra

Menurutnya juga, TP PKK Kobar bersyukur, setelah sekian lama hanya berupa angan angan, kali ini angan angan tersebut bisa terwujud, yaitu adanya Kebun Percontohan TP PKK Kabupaten, sebagai upaya memberi contoh dalam memanfaatkan pekarangan .

” Saya sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam mewujudkan Kebun Percontohan ini, namun saya menyadari bahwa Kebun Percontohan TP PKK Kobar ini masih banyak kekurangannya, karena kendala dana, tenaga dan sarana prasarana,”  terang Harli Saparia.

Dimana dukungan dari intansi atau pihak lain agar nantinya kebun percontohan TP PKK Kobar, bisa semakin baik, dan benar benar bisa menjadi contoh mewujudkan Program Hatinya PKK di setiap tingkatan, baik Kecamatan, Kelurahan dan Desa. (Man)