Karhutla Sering Muncul di Wilayah Pesisir Sukamara

ENN/BERITA SAMPIT - Petugas BPBD Sukamara saat melakukan pemadaman terhadap Karhutla yang terjadi di wilayah pesisir Sukamara.

SUKAMARA – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) mulai muncul di wilayah Sukamara, beberapa kejadian karhutla terjadi di wilayah pesisir.

Dari data BPBD Kabupaten Sukamara hingga Mei 2023 tercatat 20 karhutla yang terjadi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukamara Agus Mulyanto mengatakan jika karhutla saat ini mulai sering terjadi khususnya di wilayah pesisir pantai Sukamara.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Salurkan Bansos CPP dan BLT-DD di Kecamatan Pantai Lunci

Menurutnya, kondisi lahan rumput mudah terjadi kebakaran dan diduga kebakaran disebabkan kelalaian manusia, semisal membuang putung rokok sembarangan.

“Jika sumber api dari alam tidak mungkin karena di sana dipenuhi rerumputan dan kebanyakan kebakaran terjadi tak jauh dari tepi jalan,” kata Agus Mulyanto, Senin 5 Juni 2023..

BPBD Sukamara juga mengingatkan masyarakat agar turut bersama-sama menjaga agar jangan sampai terjadi karhutla, apalagi wilayah pesisir sangat mudah api meluas karena dipenuhi padang rumput. Pihaknya juga berharap peran dari masyarakat peduli api setempat sebagai tindakan awal sebelum petugas pemadam tiba di lokasi.

BACA JUGA:   Pemkab Sukamara Ikuti Apel Siaga Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan 

“Kami berharap masyarakat bisa bekerjasama untuk menjaga jangan sampai terjadi Karhutla diwilayahnya,” tukas Agus Mulyanto. (enn).