Kunjungan ke Pasar dan Dermaga Indrasari, Penjabat Bupati Kobar Berbaur Ikut Menyapu Sampah

MAN/BERITA SAMPIT - Penjabat Bupati Kobar H. Budi Santosa, tampak saat berbaur menyapu sampah dengan tukang sampah di Pasar Indrasari Pangkalan Bun.

PANGKALAN BUN – Kunjungan ke Pasar Indrasari dan Dermaga Indrasari Pangkalan Bun, Penjabat Bupati Kobar H. Budi Santosa, sempat menjadi perhatian public khususnya para pedagang. Karena secara spontan, langsung pinjam sapu dan menyapu sampah berbaur bersama tukang sampah, Senin, 5 Juni 2023.

“Saya ingin merasakan menyapu, karena menyapu sampah itu tidak mudah memerlukan perhatian yang cukup serius agar sampahnya bersih,” kata H. Budi Santosa, saat meninjau langsung lokasi pembuangan sampah yang ada di Pasar Indrasari Pangkalan Bun, dimana selama ini telah terjadi penumpukan sampah di pasar tersebut.

Di dampingi Plh Sekda Kobar Juni Gultom, Kepala Disperindagkop UKM Kobar Alfan Khusnaini, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kobar Fitriyana, Kepala Dinas PUPR Kobar Muhammad Hasyim Muallim, Pj Bupati Kobar Budi Santosa, meninjau lokasi dermaga yang ada di pasar Indrasari Pangkalan Bun.

Selain meninjau dermaga dan tempat pembuangan sampah, Pj Bupati pun berdialog langsung dengan petugas kebersihan Pasar Indrasari, bahkan Pj Bupati membantu membersihkan sampah yang menumpuk di dekat dermaga pasar Indrasari.

BACA JUGA:   Awal Ramadan, Warga Laksanakan Tarawih di Masjid Alhijrah

Kepada wartawan, Pj Bupati menyempatkan akan menata rapih pasar Indrasari Pangkalan Bun, sehingga baik pedagang maupun pengunjung akan merasa nyaman, sebab pasar tradisional harus tertata dengan rapih dan bersih.

“Permasalahannya selama ini, karena terjadi penumpukan sampah, tadi kita lihat langsung kondisi tempat pembuangan sampah di dalam pasar, kondisinya terjadinya penumpukan sampah karena petugas hanya mengangkut sampah hanya satu kali, untuk tadi saya minta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kobar, untuk menambah, jadi sampah sampah itu harus di angkut dua kali dalam satu hari, pagi maupun malam hari,” Ujar Pj Bupati Kobar Budi Santosa Sudarmadi.

Lanjut Pj Bupati, untuk pedagang sayur yang biasa berjualan dari malam hari, akan di tata dengan rapih, kemungkinan akan di pindah ke bagian dermaga Pelabuhan yang ada di lokasi Pasar Indrasari.

BACA JUGA:   Kapolres Kobar Sambut Kedatangan Menteri Perhubungan di Bandara Iskandar

“Kami bukan menggeser akan tetapi akan kita tata dengan rapih, mengingat keberadaan pedagang sayur yang berjualan dari malam hari, menutup jalan ke lokasi pembuangan sampah sehingga armada angkutan sampah ini kesulitan untuk masuk,” Imbuh Pj Bupati.

Selain itu juga, untuk sampah yang ada di bagian belakang pasar, akan di siapkan container, agar sampah tidak sampai ke sungai. Sementara untuk petugas kebersihan di pasar sudah sangat cukup ada 20 orang, yang bekerja pagi dan sore hari.

“Kami inginkan pasar ini tidak kumuh, biar pasar tetap harus rapih, pelan pelan akan kita tertibkan, tolongkan kepada para pedagang mohon bantuannya dan pengertiannya, apabila nanti untuk pedagang sayur yang berjualan di malam hari akan kita pindah dekat parkiran atau di dekat dermaga,” pungkasnya. (Man).