Pemkab Lamandau Komitmen Turunkan Kasus Stunting

IST/BERITA SAMPIT - Bupati Lamandau Hendra Lesmana.

NANGA BULIK – Untuk mewujudkan prevalensi stunting pada angka 14 persen, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lamandau berkomitmen untuk menurunkan kasus stunting di daerah.

“Tentu pemerintah daerah berkomitmen bersama dalam membuat gerakan-gerakan dan kegiatan penurunan angka stunting,” kata Bupati Lamandau Hendra Lesmana di Nanga Bulik, Minggu 5 Juni 2023.

Hendra menjelaskan, upaya percepatan penurunan angka stunting oleh Pemerintah Kabupaten Lamandau dimaksudkan guna mencapai target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat yakni prevalensi 14 persen pada tahun 2024.

BACA JUGA:   Desa Mekar Mulya Raih Sertifikasi RSPO

Namun menurutnya, untuk mencapai hal tersebut diperlukan kerjasama dan sinergitas yang serius dari setiap elemen pemerintah, masyarakat dan stakeholder terkait.

“Sejauh ini guna mencapai hasil optimal dalam upaya percepatan penurunan angka stunting di Kabupaten Lamandau, kami telah melakukan berbagai gerakan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat,” ujarnya.

Adapun sosialisasi dan edukasi itu sendiri, kata dia, lebih menekankan kepada pencegahan pernikahan dini, edukasi ibu hamil dan menyusui.

BACA JUGA:   Petahana Banyak yang Tumbang, Berikut Nama-nama Caleg yang Berhasil Dapatkan Kursi DPRD Kalteng

Selain itu juga memaksimalkan edukasi terhadap masyarakat mengenai pentingnya pemenuhan gizi dan peningkatan kesejahteraan bagi keluarga.

“Terkait komitmen bersama dalam penurunan angka stunting ini sudah kami paparkan pada saat penilaian delapan aksi konvergensi percepatan penurunan angka stunting,” pungkasnya. (Andre).