Polres Katingan Siap Amankan Pesta Demokrasi Tahun 2024 Mendatang

BITRO/BERITA SAMPIT - Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana saat hadir di acara kirap Pemilu.

KASONGAN – Kapolres Katingan AKBP I Gede Putu Widyana, mengatakan tahun 2024 mendatang adalah momen penting karena tahun politik yang akan menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun ini.

“Tahun depan pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR, DPD, serta DPRD ini bukan pekerjaan yang sangat menentukan masa depan bangsa dengan mudah. Ini pekerjaan besar yang sangat, melibatkan sejumlah pemilih yang sangat besar, tidak terkecuali di kabupaten Katingan,” ungkap Kapolres pada, Senin 5 Mei 2023.

Kapolres menjelaskan kirab pemilu tahun 2024, satu tahun menuju hari pemungutan suara, ini yang bertujuan untuk memberikan sosialisasi dan pendidikan kepada pemilih agar partisipasi masyarakat kita meningkat, terutama kepada pemilih pemula dan juga bagi penyandang disabilitas atau yang berkebutuhan khusus.

“Dalam pemilu tahun 2024 yang paling terpenting dan harus selalu digelorakan adalah agar seluruh elemen masyarakat serta partai politik maupun tim sukses harus memiliki semangat dan komitmen untuk terus menjaga, Dan mempertahankan nilai kesatuan bangsa indonesia,”jelasnya

BACA JUGA:   Sembilan Desa di Katingan Terisolir Jaringan Telekomunikasi, Diskominfo Usulkan ke Pemerintah Pusat

Selain itu, kata Kapolres seluruh calon pemimpin harus berkomitmen selalu menjaga persatuan dan kesatuan, mencegah polarisasi, serta membawa visi-misi yang lebih baik, karena perbedaan pilihan adalah hal lumrah dan wajar.

“Kita ingatkan bahwa siapapun pemimpin terpilih nantinya, persatuan dan kesatuan itu menjadi syarat yang namanya mutlak atau syarat utama yang harus kita jaga,”Katanya

Kapolres berharap bahwa ingin indonesia menjadi salah satu barometer terkait dengan penyelenggaran pemilu yang mapan dan demokratis. Untuk itu agar seluruh elemen bangsa untuk belajar dari pengalaman pemilu sebelumnya, sehingga pada pemilu tahun 2024 nantinya tidak lagi terjadi polarisasi, politik identitas, sara dan hal lainnya yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

“Sesuai atensi dan arahan kapolri demi lancarnya pemilu tahun 2024 kami siap bersinergi bersama KPU Kabupaten Katingan untuk melakukan kegiatan dalam mengamankan, mengawal dan menjaga seluruh tahapan pemilu yang sudah ditentukan oleh KPU dapat berjalan. Yaitu dimulai dari memasuki tahapan pemilu di antaranya adalah persiapan kebutuhan logistik, pendistribusian, pelaksanaan pencoblosan di tempat pemungutan suara hingga rekapitulasi,” harapnya

BACA JUGA:   Korban Tenggelam di Sungai Katingan Belum Ditemukan, Pencarian Dihentikan Sementara

Kapolres Katingan dan jajaran siap melaksanakan pengamanan di seluruh tahapan pemilu, pengawalan pendistribusian logistik hingga proses pemungutan suara dan rekapitulasi suara di tingkat KPU Kabupaten Katingan guna mewujudkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif, agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan menjamin masyarakat yang berpartisipasi dalam pemilu 2024 dalam memberikan hak suaranya.

“Suksesnya pemilu sudah tentu bukan tanggung jawab TNI, Polri atau pun KPU semata melainkan juga perlu dukungan instansi pemerintah dan stakeholder terkait serta dari berbagai elemen masyarakat,” pungkasnya.(Bitro)