Diduga Aktivitas Pelangsir Jadi Penyebab Arus Lalu Lintas di Depan SPBU Desa Pelantaran Sering Macet 

IST/BERITA SAMPIT - Truk yang diduga melangsir kerap mengganggu arus lalu lintas di Jalan Tjilik Riwut Desa Pelantaran.

SAMPIT – Arus lalu lintas di Jalan Tjilik Riwut tepatnya di depan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Desa Pelataran, Kecamatan Cempaga Hulu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) kerap kali macet akibat aktivitas para pelangsir BBM.

Aktivitas hilir mudik para pelangsir yang menggunakan minibus serta truk membuat para pengguna jalan yang melintas penghubung antara Kota Sampit dan Palangka Raya itu kerap tersendat.

Enor warga sekitar merasa gerah dengan aktivitas para pelangsir itu. Ambulan yang sifatnya darurat pun, lanjutnya, harus berhenti di situ lantaran mobil milik pelangsir menyeberang jalan masuk untuk mengisi BBM.

BACA JUGA:   Patroli Buru Balap Liar di Sampit Bakal Ditingkatkan saat Ramadan

“Mobil ambulan kan sering lewat melintas, entah dari arah Palangka Raya ataupun Sampit, kerap berhenti karena mendahulukan para pelangsir, jangankan ambulan. Mobil pejabat aja bisa berhenti kalau mereka nyebrang,” kata Enor, Selasa 6 Juni 2023.

Selain itu, parkir kendaraan oleh para pelangsir juga dilakukan di badan jalan, sehingga arus lalu lintas kerap terganggu dengan adanya puluhan kendaraan yang parkir untuk mengantre BBM.

Terpantau sejak pagi hingga sore hari tidak jarang apabila BBM datang dari truk tangki milik Pertamina untuk menyuplai BBM di SPBU itu, para pelangsir langsung memadati SPBU tersebut.

BACA JUGA:   Lapas Sampit Komitmen Penuhi Gizi WBP Selama Ramadan

Pada Januari lalu, sejumlah sopir truk yang akan mengisi solar sempat memprotes kepada pihak SPBU lantaran pihaknya diminta mengantre dan bayar sebanyak Rp 20.000 oleh petugas parkir di sekitar SPBU tersebut.

Menurutnya, pihak pengelola parkir lebih mengutamakan para pelangsir dari pada para sopir yang sebenarnya mengantri solar untuk keperluan kerja, sehingga para sopir angkutan kesulitan dan harus mengeluarkan uang lagi usai mengisi BBM di SPBU tersebut.(Jimmy)