HIPMI Katingan Dorong DPMPTSP Katingan Tingkatkan Pelayanan Investasi

IST/BERITA SAMPIT- Ketua HIPMI Katingan Irwansyah baju putih saat melalukan penilain di Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Katingan

KASONGAN – Tahun 2023 Kementerian Investasi dan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI kembali melibatkan Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) untuk menilai kinerja Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Se-Indonesia baik Provinsi maupun di Kabupaten/Kota.

 

Kabupaten Katingan salah satu Kabupaten yang berada di Kalimatan Tengah juga tak luput dalam penilaian tersebut. Pengurus HIPMI Katingan juga melakukan penilain kinerja terhadap DPMPTSP Kabupaten Katingan.

 

Menurut Ketua BPD HIPKA Katingan Irwansyah, HIPMI diberi keperyaan BKPM untuk melakukan penilain kinerja tersebut telah dituangkan dalam Nota Kesepahaman tentang Kerja Sama di Bidang Penanaman Modal.

 

Hal ini bentuk pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 42 Tahun 2020 tentang Pemberian Penghargaan dan/atau Pengenaan Sanksi kepada Kementerian Negara/Lembaga dan Pemerintah Daerah, serta kolaborasi antara pengusaha besar dan pengusaha kecil.

BACA JUGA:   Satpol PP Palangka Raya Siap Amankan Hari Paskah Nasional 2024

BKPM bertindak sebagai koordinator dalam melakukan penilaian kinerja PTSP dan percepatan pelaksanaan berusaha (PPB) pemerintah daerah serta kinerja PPB kementerian/lembaga (K/L).

Dalam hal ini, BKPM melibatkan HIPMI sebagai tim penilai kinerja K/L dan daerah dalam memberikan pelayanan investasi.

“Kami diberi penugasan kembali untuk kali kedua oleh BKPM RI melakukan penilaian kerja DPMPTSP Kabupaten Katingan, mewakili unsur badan usaha,” ujar Irwansyah, Selasa 6 Juni 2023.

 

Dalam penilain tersebut pengurus HIPKA Katingan disambut langsung kepala  DPMPTSP Kabupaten Katingan Karya Darma, para pengurus HIPKA melakukan melakukan audit menyeluruh, seperti paparan potensi investasi daerah, pelayanan perijinan, kecepatan penerbitan izin serta kelengkapan sarana dan prasarana pendukung, dan paling utama adalah terkait perizinan dan program dalam menciptakan iklim berusaha yang baik

 

“Kami memberi penilain secara objektif ada beberapa temuan yang menjadi perhatian kami terutama terkait sarana prasarana serta anggaran promosi investasi yang masih rendah. DPMPTSP ini adalah gerbang kemajuan ekonomi, kita harus bersama sama memperkuat agar investasi dapat semakin banyak yang masuk,” tegas Irwansyah.

BACA JUGA:   Bawaslu Kapuas Nyatakan Sejumlah TPS Diduga Lakukan Pelanggaran Administratif Pemilu

 

Kendati ada beberapa masukan yang diterima, pelayanan dan kinerja DPMPTSP di Kabupaten Katingan masih terbilang bagus dan cepat. Pihaknya telah memberikan penilain yang dilaporkan langsung hasilnya ke BKPM RI.

 

Terpisah Kepala DPMPTSP Kabupaten Katingan Karya Darma menyampaikan terimakasih terhadap HIPMI Katingan yang telah memberikan penilain. Masukan perbaikan pelayanan yang diberikan HIPKA akan menjadi catatan pihaknya untuk terus memberikan pelayanan optimal ke masyarakat.

“Terima kasih atas kedatangan rombongan HIPMI Katingan, ini sungguh luar biasa bagi kami. Terimakasih juga saran dan kritikannya, kami akan tingkatkan lagi pelayanan,” pungkasnya.

(Kawit)