Ini Langkah Dinas Kehutanan Dalam Menghadapi Kalteng Bebas Asap Tahun 2023

HARDI/BERITA SAMPIT - Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Agustan Saining.

PALANGKA RAYA – Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Agustan Saining sudah membuat satu posko utama di Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, kemudian ada 90 posko di Unit Pelaksana Teknis Dinas Kesatuan Pengelolaan Hutan (UPTD KPH) di bawah Dinas Kehutanan.

Hal ini disampaikannya saat selesai mengikuti Rapat Koordinasi Pemantapan Rencana Penanganan Darurat Karhutla di Wilayah Provinsi Kalteng Tahun 2023, di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur Kalteng, Senin 5 Juni 2023 kemaren.

BACA JUGA:   Kepala Bappeda Litbang Kalteng Hadiri Musrenbang RKPD Pulang Pisau

“Selain menyiapkan posko, kami juga menyiapkan personil Brigade Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Brigdalkarhutla) KPH sebanyak 742 orang,” katanya.

Dia menjelaskan, pihaknya memiliki 107 binaan Masyarakat Peduli Api (MPA) dengan anggota sebanyak 2117 orang, dan pihaknya juga sudah menyiapkan anggaran sekitar 83 Miliar dana Dana Bagi Hasil Dana Reboisasi (DBH-DR) untuk penanganan karhutla.

“Selain itu dari segi peralatan kami telah menyiapkan 64 unit mobil yang terdiri dari mobil water supply, mobil slip on dan mobil patroli. Kemudian, ada 196 pompa mesin, sepeda motor 84 unit yang disiapkan untuk karhutla ada juga drone, HT (Handy Talky) dan beberapa peralatan lainnya,” lugasnya.

BACA JUGA:   BEM UPR Dukung Kejari Palangka Raya Usut Tuntas Dugaan Korupsi di Pascasarjana

Ia juga menjelaskan penyiapan posko dan peralatan ini dilakukan dalam rangka mendukung komitmen Pemerintah Provinsi dalam hal ini Gubernur Kalteng bahwa Kalteng Bebas Asap tahun 2023. (Hardi)