Sukamara Akan Gelar Kontes Durian Varietas Lokal

Kontes Durian Varietas Unggul

SUKAMARA – Pemerintah Kabupaten Sukamara tengah berupaya untuk pengembangan varietas durian lokal salah satunya adalah dengan menggelar kontes durian lokal unggul.

Kontes durian unggul tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan 15 Juni 2023 dan akan dipusatkan di Lapangan Koramil Kecamatan Sukamara.

Sekretariat Panitia Kontes Durian Unggulan Sukamara, Wiyanto mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya kontes durian lokal unggulan ini adalah dalam rangka penelitian dan pengembangan varietas durian lokal unggul terbaik untuk dilestarikan menjadi plasma Nutfah menjadi tanaman durian unggul lokal Kabupaten Sukamara.

“Bagi masyarakat yang mempunyai tanaman atau pohon durian lokal diundang untuk mengikuti kontes durian lokal unggul Kabupaten Sukamara,” kata Wiyanto, Rabu 7 Juni 2023.

Wiyanto menjelaskan jika saat ini telah banyak peserta yang mendaftar, selain itu sebelum diadakan lomba ini pihak panitia sudah melakukan survey terhadap tanaman-tanaman buah durian milik warga masyarakat seperti di Kecamatan Balai Riam dan juga Permata Kecubung dan daerah lainnya di Kabupaten Sukamara.

“Dari hasil survey tersebut memang untuk potensi tanaman durian lokal milik masyarakat cukup berlimpah sehingga banyak jenis buah yang bisa diikutkan dalam kegiatan ini,” terangnya.

“Ini merupakan upaya kita melestarikan durian lokal Sukamara dan nanti dapat dikembangkan dan menjadi varietas unggul,” tukas Wiyanto. (enn).