Bunda Literasi Siap Jadi Pendorong Minat Baca Anak-anak

LULUS/BERITA SAMPIT- Bupati Mura, Perdie M. Yoseph saat mengukuhkan Bunda Literasi Kabupaten Murung Raya.

PURUK CAHU- Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph secara resmi mengukuhkan Lynda Kristiane sebagai Bunda Literasi. Pengukuhan berlangsung di gedung Dewan Adat Dayak Kabupaten Murung Raya, Jumat 9 Juni 2023.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Murung Raya M. Syahrial Pasaribu mengatakan, dasar pengukuhan Bunda Literasi adalah peraturan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia nomor 4 Pasal 5 tahun 2021 tentang Bunda Literasi Kabupaten/Kota.

Syahrial berharap, dengan pengukuhan ini mampu mempercepat budaya membaca di kalangan masyarakat, terutama generasi muda dan anak-anak.

“Kita berharap keberadaan Bunda Literasi akan menjadi salah satu sistem pendukung program peningkatan minat baca dan kemampuan literasi masyarakat khususnya bagi anak-anak kita untuk gemar membaca ke Perpustakaan,” ujarnya.

BACA JUGA:   Doni Siap Bertarung di Pilkada Murung Raya 

Bupati Murung Raya Perdie M. Yoseph dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Lynda Kristiane yang kini telah dikukuhkan menjadi Bunda Literasi Murung Raya dan mengatakan akan terus mendukung kegiatan literasi.

“Walaupun bahwasanya masa jabatannya sebagai Kepala Daerah hampir habis yaitu pada September 2023 ini, namun secara pribadi dan tanggung jawab moril saya bersama bu Lynda Kristiane Perdie tetap mendukung, memfasilitasi, menyosialisasikan ambil bagian dalam aksi bagaimana literasi menjadi nyata dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Perdie.

Sementara, Lynda Kristiane Perdie usai dikukuhkan dalam paparanya di depan ibu-ibu dari anak-anak sekolah yang hadir menjelaskan tentang pentingnya literasi.

“Sebagai seorang ibu kita adalah contoh bagi anak kita, karena anak melihat dan akan melakukan hal yang sama seperti apa yang dilakukan oleh orang tuanya dari kecil, seperti halnya saya adalah orang yang hobi membaca maka dari hal itu anak saya juga meniru apa yang saya lakukan karena mereka melihat saya bertahun-tahun melakukan hal tersebut,” tutur Lynda.

BACA JUGA:   Pasar Murah Kalteng, Patok Harga Beras 10 Kg Cukup Bayar Rp20.000

Menurutnya hal tersebut agar menjadi motivasi bagi orang tua khususnya seorang ibu, baik yang hadir dalam acara tersebut ataupun ibu-ibu lainnya yang berada di Murung Raya agar senantiasa memberikan contoh kebiasaan positif untuk anak mereka.

“Jika seseorang senang membaca tentunya akan memiliki kemampuan lebih terutama dalam hal mendapatkan ilmu,” tutupnya. (Lulus).