Dewan Minta Pemerintah Dorong Sektor Riil Untuk Membantu Pelaku UMKM

HARDI/BERITA SAMPIT - Ketua Komisi II DPRD Kalteng Achmad Rasyid.

PALANGKA RAYA – Pemerintah pusat maupun daerah diminta agar dapat mendorong sektor riil untuk membantu masyarakat terutama bagi para pelaku UMKM. Hal ini disampaikan oleh Ketua Komisi II DPRD Kalteng Achmad Rasyid, Jumat 9 Juni 2023.

Ia menjelaskan, sektor riil merupakan sektor yang bersentuhan langsung dengan kegiatan ekonomi di masyarakat yang sangat mempengaruhi atau keberadaannya dapat dijadikan tolak ukur untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi. Sehingga, dukungan dan sokongan stimulus bagi pelaku UMKM sangat perlu diberikan.

BACA JUGA:   Legislator Kalteng Dorong Perda Diimplementasikan Dengan Baik

“Sektor riil ini penting untuk membantu para UMKM. Sektor ini juga perlu perbaikan dan mengikuti aturan, misalnya saja seperti halnya pengalokasian dana 10 persen untuk kesehatan, 20 persen untuk pendidikan, dan ada juga anggaran untuk perbaikan sektor ekonomi,” ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya sependapat apabila sektor riil ini perlu banyak mendapat dukungan khususnya dari pemerintah baik itu dari segi bantuan serta kemudahan termasuk dalam mendapatkan modal atau pinjaman lunak hingga masalah perizinan.

BACA JUGA:   Pembangunan Dari Pemerintah Harus Bisa Lebih Menyentuh Wilayah Pelosok

Selain itu, dalam mengembangkan serta menjalankan sektor riil ini juga pemerintah perlu merumuskan aturan atau kebijakan yang benar-benar berpihak kepada masyarakat utamanya para pelaku UMKM, sehingga itu mampu membangkitkan perekonomian dan mensejahterakan.

“Terkait regulasi dalam sektor riil tersebut juga harus mampu mendorong percepatan atau kemajuan serta peningkatan perekonomian para pelaku UMKM. Kita tentu mendukung akan hal itu agar kesejahteraan masyarakat khususnya pelaku UMKM pun dapat dirasakan,” pungkasnya. (Hardi).