Krisdayanti Dorong UMKM Daerah Tumbuh Dan Naik Kelas

Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti saat menghadiri acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI di Malang, Jawa Timur, Jumat 9 Juni 2023.

MALANG– Anggota Komisi IX DPR RI Krisdayanti mengatakan kontribusi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terhadap perekonomian nasional cukup signifikan. Namun, untuk mengembangkan para pelaku UMKM lokal tersebut cukup berat tantangannya.

Krisdayanti menyampaikan hal itu saat menghadiri acara Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR RI di Malang, Jawa Timur, Jumat 9 Juni 2023.

Kegiatan dengan tema ‘Peran Aktif Media dan DPR RI dalam Menumbuhkan Ekonomi Lokal melalui UMKM dan Pariwisata’ itu dihadiri Deputi Persidangan DPR Suprihartini, Kepala Biro Pamberitaan DPR Indra Pahlevi dan Anggota DPRD Kabupaten Malang Tantri Bararoh.

Politisi PDI Perjuangkan Dapil Jawa Timur V yang meliputi Kota Batu, Kota Malang dan Kabupaten Malang itu mengaku saat ini ada 400 pelaku UMKM yang dibina.

“Saya sendiri sekarang ini membina sekitar 400 UMKM, namun memang tidak semuanya bisa survive, jadi perlu mendapat bimbingan,” tutur Krisdayanti.

KD sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa tantangan lainnya soal UMKM daerah adalah akses permodalan dan kemampuan sumber daya manusia (SDM).

“Masing-masing UMKM ini, kita beri modal sekitar Rp20 jutaan. Dengan bantuan ini diharapkan UMKM bisa terbantu,” ujarnya.

Dirinya pun mendorong pelaku UMKM Daerah Malang Jawa Timur untuk tetap bisa tumbuh dan naik kelas usahanya. Sehingga, nantinya para pelaku UMKM daerah tersebut dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja.

‘Kami banyak menawarkan produk makanan dalam bentuk kemasan, buah-buahan dan kulineran. Produk khas malang yang dikembangkan mulai keripik apel, keripik nangka, keripik pisang, mangga, rambutan dan lain lain,” pungkas Krisdayanti.

(adista)